Wordpress CMS Terbaik 2009

by - 17.20.00

Wordpress dianugerahi sebagai Overall Best Open Source CMS Award in the 2009 Open Source CMS Awards dari persaingan sekitar 12.000 nominasi CMS pada tahun 2009 kemarin. Artinya, dengan award ini Wordpress dinyatakan sebagai CMS terbaik di tahun 2009 dan mendapatkan hadiah sebesar US$ 4000. Ini adalah kali pertama Wordpress menjadi pemenang dalam 4 tahun terakhir. Selain itu, Wordpress juga memenangkan posisi kedua untuk Best Open Source PHP CMS Category in the 2009 Open Source CMS Award, dimana juara nomor 1 adalah Drupal. Sementara itu Joomla juga memenangkan beberapa kategori, namun tidak pada posisi juara 1.

Wordpress CMS Terbaik 2009


Secara pribadi gw mengucapkan 'selamat' pada Wordpress, secara gw memang Wordpress Mania a.k.a pecinta sejati Wordpress. Dari ke-3 CMS yang gw pernah pake, Wordpress, Joomla dan Drupal, hanya Wordpress yang benar-benar gw sukai. Bagi gw Wordpress itu simple digunakan, mudah di management, mudah di-oprek, template-templatenya ciamik, kapasitas file engine-nya cukup ringan, plugin-pluginnya luar biasa banyak dan fungsional, dan Wordpress sangat sering meng-update CMS-nya. Secara umum memang gw merasa Wordpress begitu powerful.

Sebagai perbandingan, dengan pendapat gw pribadi, Joomla memang sangat powerful sebagai CMS multi-fungsi. Joomla dapat difungsikan sebagai website biasa, blog, online store, bahkan forum. Namun peng-operasi-annya cukup ribet, banyak yang harus di-edit dan di-setting. Belum lagi Joomla memiliki extension yang terbagi atas 3 kategori: plugin, module dan component. Kalau soal template, seringkali Joomla memiliki template yang lebih ciamik dibanding Wordpress. Namun Joomla sebagai CMS multi-fungsi benar-benar mengagumkan, hal tidak dimiliki oleh Wordpress. Wordpress terspesialisasi sebagai blog walau dengan plugin tertentu juga bisa memiliki fungsi CMS lain.

Untuk Drupal, gw hanya sempat belajar sebentar, overall lebih mirip dengan Joomla yaitu CMS multi-fungsi, namun gw rasa gw lebih memilih Joomla dibanding Drupal. Walau begitu, di tahun 2009 ini, Drupal di anugerahi sebagai juara pertama Best Open Source PHP CMS Category in the 2009 Open Source CMS Award, jadi bisa dikatakan Drupal juga sangat diperhitungkan dalam persaingan CMS.

Selain ketiga CMS paling ngetop sejagat tersebut, beberapa CMS yang kurang begitu familiar dengan gw jg memenangkan beberapa kategori, diantaranya MODx, SilverStripe, ImpressCMS, Pixie, Pligg, Plone, dotCMS, dan mojoPortal. Menarik juga untuk mempelajari CMS-CMS tersebut satu persatu, tapi sepertinya butuh banyak waktu dan tenaga.

Akhir kata, gw mo ngucapin Selamat buat Wordpress, semoga kedepannya semakin bersinar. I Love Wordpress Phull.

You May Also Like

0 comments