Rabu, Desember 01, 2010

Hari AIDS Sedunia!

Hari ini, tanggal 1 Desember setiap tahun, diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Mengapa harus ada hari AIDS sedunia? Hal ini karena AIDS merupakan penyakit menular yang berbahaya. AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) ini berkembang dari HIV (Human Immunodeficiency Virus). Hari AIDS sedunia terus diperingati karena hidup mereka yang menjadi korban AIDS amat menyedihkan. Mengapa penderita AIDS diberi stigma yang sedemikian parah?

AIDS mengingatkan gw pada salah satu film yang sangat bagus, film ini adalah film pertama yang berhasil buat gw menangis :mewek2, dan seinget gw ini film gw tonton waktu gw kelas 6 SD. Judulnya The Cure, waktu itu gw nonton di salah satu TV swasta. Ceritanya adalah tentang persahabatan seorang anak kecil yang terjangkit penyakit AIDS akibat donor darah. Anak tersebut dan sahabatnya berkelana untuk mencari obat AIDS-nya, namun tanpa disadari mereka, bahwa 'obat' sebenarnya adalah persahabatan mereka.

Ternyata kita memang tidak boleh dengan mudahnya memvonis seseorang penderita AIDS sebagai 'pendosa'  atau mengucilkannya karena khawatir dengan penularan AIDS. Karena AIDS bisa saja menular dari ibu ke anak dalam kandungan, atau ke orang lain melalui jarum suntik, bukan hanya kepada mereka yang 'berbuat dosa'. Dan yang perlu digarisbawahi adalah fakta bahwa AIDS tidak menyebar semudah yang diperkirakan orang-orang, dan jangan jadikan AIDS sebagai alasan untuk mengucilkan seseorang. Semoga di hari AIDS sedunia ini kita bisa semakin dewasa dan bijak dalam memandang suatu persoalan.
Share:

0 comments:

Posting Komentar