Lam Ching-Ying

by - 20.40.00

Sapa yang ga kenal orang ini, hayo...? :) Bagi yang suka nonton pelem-pelem 'vampir cina' pasti sudah sangat tidak asing dengan pemain film yang satu ini, yang sering memerankan tokoh guru Tao yang jago soal urusan supranatural. Beberapa film nya sangat terkenal di Indonesia (walau kadang banyak yang ga tau judulnya... hehehe), sejak dulu waktu aku masih SD sering di puter di RCTI tiap Sabtu Pagi.
Nyontek di Wikipedia, namanya Lam Ching-Ying, lahir 27 Desember 1952 – meninggal 8 November 1997 pada umur 44 tahun.
Dulu, awal karirnya dimulai saat dia terpilih oleh Bruce Lee sebagai asisten sutradara action dalam film The Big Boss. Setelah The Big Boss, Lam melanjutkan kerjasama dengan Lee sampai Lee wafat.

Saat berperan sebagai tokoh utama dalam film Mr. Vampire (1985), Lam dinominasikan sebagai Best Actor berkat perannya sebagai guru Tao dalam film tersebut. Lam lalu melanjutkan perannya sebagai guru Tao dalam film sekuel Mr. Vampire, yaitu Mr. Vampire part 2 (1986), Mr. Vampire III (1987), dan Mr. Vampire 1992 (1992).

Sekarang Lam tinggal kenangan, walau begitu film-filmnya tetap menjadi film-film unggulan di kategori film 'vampir cina klasik'. R.I.P.

You May Also Like

0 comments