Running on WP Multisite

by - 19.21.00

Berawal dari ketertarikanku terhadap WP MU alias Wordpress MultiUser sejak lama, namun baru beberapa waktu ini aku secara serius 'try-and-error' WP MU. Ku pikir asyik juga kalo punya weblog dimana ga aku aja yang bisa nulis, tapi temen-temen juga bisa punya blog di hostingku.

Waktu lagi mencoba donlot WP MU di http://mu.wordpress.org, ternyata tim pengembang Wordpress telah menghentikan proyek WP MU...! Nah loh??? Ternyata, proyek tersebut telah diganti menjadi Wordpress Multisite dimana sejak versi 3 installer untuk Wordpress self-hosting yang standalone sudah menjadi satu dengan Wordpress Multisite. Berhubung mastereon.com terinstall wordpress standalone versi 3.1 (saat ini), maka tanpa aku sadari aku juga bisa mengaktifkan dan menikmati Wordpress Multisite di mastereon.com tanpa harus menginstall Wordpress yang baru.

Walau sedikit kesulitan dalam penyetingannya, akhirnya aku berhasil mengubah mastereon.com yang tadinya WP standalone menjadi WP Multisite. Artinya, yang tadinya mastereon.com dan roy.mastereon.com menggunakan masing-masing 1 engine WP, sekarang cukup menggunakan 1 engine WP saja. Keunggulan yang aku rasakan dengan memanfaatkan WP Multisite antara lain:
  • Hemat kapasitas hosting, yang tadinya untuk 2 blog (mastereon.com dan roy.mastereon.com) menghabiskan sekitar 70MB, sekarang cuma tinggal 45MB.
  • Cukup 1 kali install themes dan plugins, maka bisa dipake oleh semua blog yang terinstall.
  • Sebagai Super Admin, aku bisa log in ke mastereon.com dan roy.mastereon.com secara bersamaan melalui satu akun super admin.
Namun ada juga beberapa kekurangan yang sedikit kurang menguntungkan:
  • Beberapa plugins WP tidak mendukung untuk WP Multisite.
  • Sidebar/widget secara default tidak bisa untuk insert kode HTML/JS.
Apa lagi yah? Entar deh kalo aku udah nemuin lagi kelebihan dan kekurangannya pasti diupdate, soalnya kan lagi dipelajari... Hehehehe...

You May Also Like

2 comments

  1. gmn gan dah nemu kekurangannya lagi g,?
    untuk penggunaan hostingnya sendiri gmn, sering ada problem g, kan 1 hosting di pake wat 2 blog, ada problem dengan bandwich g,?
    website pernah down g,?

    thanks..

    BalasHapus
  2. @Topan: Byk amat nanya nya bro, hehehe... coba sy jawab atu-atu yah...
    1. Selain yg udah disebutin kayaknya ga nemuin kkurangan laennya, smua blog mantap lancar jaya...
    2. Klu soal hosting sama seperti biasa, penggunaan bandwith juga sama, malah lebih ringan coz engine, plugin ama themes nya cukup terinstall 1 bisa dibaca u/ semua blog. Klu mslh down itu tergantung hosting aja, ga d sebabkn engine wp...
    3. trims juga yah... ^_^

    BalasHapus