Berkreasi Dengan Login Page Mikrotik

by - 11.29.00

Belajar dari si dodol Endry Can, login page Mikrotik ternyata bisa dikreasikan dengan cukup bebas. Hal ini dikarenakan login page mikrotik berupa sebuah file HTML biasa yang dilengkapi dengan script yang akan di-eksekusi oleh server mikrotik sebagai login engine-nya. Dengan bermodalkan file-file login page default yang di-emailkan Endry Can, dengan sedikit usaha dapat kumodifikasi dan mengkreasikannya lebih jauh.
Prinsip dasarnya adalah, sama seperti pada PHP, bahwa dalam file HTML tersebut terdiri atas dua jenis script, yaitu script HTML dan script mikrotik. Script mikrotik merupakan script yang akan dieksekusi oleh server mikrotik sebagai login form, sifatnya baku dan memang tidak perlu diubah apapun, kita hanya bperlu mengatur tata letaknya pada file HTML. Untuk file HTML, karena berbasis client-side dan dieksekusi oleh browser pengguna, maka login page mikrotik dapat memuat semua fitur dan script yang berbasis client-side seperti HTML, CSS, JavaScript, Flash maupun JQuery. Namun semua script yang bersipat server-side seperti PHP tidak dapat dieksekusi oleh server mikrotik, paling tidak secara langsung.
Biasanya kreasi pada login page mikrotik hanya terbatas pada memperindah tampilan login dengan template dengan CSS, flash atau JQuery, yang mana semuanya bersifat statis. Yang menjadi tantanganku saat ini adalah bagaimana membuat sebuah tampilan login page yang ringan, bersih, profesional, dan mampu diaplikasikan dengan konten-konten secara dinamis, dapat di-update tanpa perlu membuka source code login page HTML-nya dan memiliki database layaknya aplikasi CMS atau PHP biasa. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri mengingat server mikrotik tidak dapat mengeksekusi script PHP dan MySQL. Let's try it! ^_^

You May Also Like

0 comments