Kamis, November 17, 2011

Salam Terakhir Sherlock Holmes

Akhirnya, setelah melalui rasa bosan, lelah, muak dan semangat yang silih berganti, aku berhasil menyelesaikan 8 dari 9 buku tentang Sherlock Holmes. Sekarang tinggal 1 buku lagi yang berisi 12 kasus, yaitu buku "The Case-book of Sherlock Holmes". Kalo ga salah ini adalah buku Sherlock Holmes pertama yang aku baca, itupun kupinjam dari salah seorang senior kampus dan tetangga kos-nya Endrycan yaitu Arie Erdiandani. Sebenarnya bukan buku pertama sih, lebih tepatnya buku pertama yang berisi kasus-kasus original Sherlock Holmes yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle.
Sebelumnya, saat aku masih SMA kelas 2, aku udah mengkoleksi buku-buku Sherlock Holmes. Anehnya yang aku koleksi adalah buku-buku Sherlock Holmes pastiche, yang isinya semua kasus-kasus tidak original (karangan selain Conan Doyle), dan aku sama sekali ga tau. Akhirnya setelah membaca buku 'The Cas-book' barulah aku tau yang mana buku-buku pastiche dan mana yang original.
Kenapa aku mengetik ulang buku-buku Sherlock Holmes? Sebenarnya ada cerita dibalik itu. Sebelum nikah, Ayanx pernah meminjamkan ke temen kantornya buku "Petualangan SHerlock Holmes" tanpa sepengetahuanku. Eh, oleh temennya malah diilangin. Temennya itu mo ganti buku itu, tapi setelah dicari-cari di Gramedia, Kharisma dan seluruh toko buku yang ada di Pontianak, ga ketemu yang sama persis dengan buku yang diilangin. Akhirnya digantiin dengan buku yang beda penerbit, walau semua isi kasusnya sama. Aku kecewa banget jadinya, soalnya koleksiku jadi ga sama kayak dulu. Akhirnya coba-coba cari di internet, ternyata memang susah juga nemuinnya.
Di internet ternyata banyak juga di share ebook-ebook Sherlock Holmes hasil scan, tapi formatnya DJVU dan kualitas buku yang di scan udah jelek dan rusak. Akhirnya aku berpikir gimana kalo buku-buku tersebut aku bikin jadi rapi, mo di ketik ulang atao gimana caranya biar bisa di print dengan bagus. Sejak itu, tepatnya Oktober tahun lalu, aku memulai proyek pengetikan ulang kasus-kasus Sherlock Holmes dengan harapan semakin banyak orang yang suka dengan Sherlock Holmes.
Share:

0 comments:

Posting Komentar