Senin, Desember 05, 2011

Jajanan Singkawang

Minggu lalu, aku dan Ayanx dapet kesempatan lagi jalan-jalan ke kota kelahiranku: Singkawang. Tentunya ga lupa mencicipi kue-kue khas kota Tiong-Hwa yang satu ini, karena udah lama banget aku ga makan kue-kue di Singkawang. Pasar Hongkong adalah tempat yang tepat untuk berburu kue dan makanan, terutama sore dan malam hari, karena pada waktu inilah semua pedagang berjejer rapi di sepanjang jalan dengan gerobak dan aneka makanannya.
Hanya ada dua kue yang aku incar, apam putih dan talam ebi. Untuk kue apam putih, kue ini sebenarnya ga terlalu sulit didapatkan di Pontianak, karena di pasar tradisional pun sering dijual. Namun aku rindu dengan kue yang satu ini, khususnya bila dibeli di Singkawang.
Kue kedua yang harus kubeli adalah talam ebi. Kue ini adalah kue talam dari tepung beras yang diatasnya ditutupi (topping) dengan cacahan udang ebi, lobak kering dan daun bawang (seledri). Rasanya ga seperti kue talam biasa yang manis, tapi asin dan gurih banget. Aku dan Ayanx juga dapet kesempatan mencicipi kue yang rada-rada aneh, yaitu semacam lemper namun dibungkus dengan daun atau bunga kantong semar. Soal rasa sih ga ada yang istimewa, cuma unik aja. Trus masih ada beberapa kue khas seperti cai-kwe dan tahu goreng. Pokoke maknyus semua...
Alhamdulillah dapet kesempatan mencicipi lagi kue-kue khas Singkawang bersama Ayanx...
Share:

0 comments:

Posting Komentar