Jumat, Februari 24, 2012

Reuni Dengan Joomla

Ada proyek dari Endrycan untuk buatin web resmi salah satu instansi provinsi Kalimantan Barat. Alhamdulillah ya, sesuatu banget... Setelah ketemu dengan orang instansinya, sepertinya untuk pengerjaannya mesti menggunakan CMS Joomla. Berhubung aku lebih terbiasa dengan Wordpress ketimbang Joomla, berarti aku mesti ngubek-ngubek lagi 'ilmu' lama nih, mengingat aku udah 3 tahunan ga pernah lagi menggunakan Joomla.
Kalo diinget-inget dulu, waktu awal belajar bikin web, yang pertama kupelajari justru memang dari Joomla. Jadi nget domain pertamaku dulu adalah blog-only.com, yang aku install dengan Joomla. Setelah beberapa bulan 'menguasai' Joomla, kepengen belajar nginstall Wordpress. Malah ketagihan dan keterusan sampe sekarang, secara Wordpress memang CMS yang sakti banget menurutku.
Sekarang, ketika harus kembali ke Joomla, jadi malah banyak lupanya... Kacau dah?! Masak mo nampilin artikel di frontpage aja pake ga inget??? Tapi untungnya kalo udah pernah menguasai Joomla, sekali inget bakalan inget lagi dan jadinya gampang. Oh ya, sebenarnya tantangan utama dalam membuat web, bagiku adalah menyiapkan tampilan yang 'eye-catching' dan sesuai keinginan pemesan. Nah, masalahnya template Joomla yang bagus-bagus banyak yang berbayar, alias premium. Mesti nyari-nyari yang nulled, tapi sayangnya banyak link donlot yang udah tewas. Kalo ada yang tertarik, silahkan aja cari-cari di link berikut:
  1. boycj.com
  2. www.newone.org
  3. scriptmafia.org
  4. www.vivaprograms.com
Share:

0 comments:

Posting Komentar