Selasa, April 03, 2012

Trik Memasang Facebook Like Button Pada Tiap Artikel Blogspot

Kalau memasang facebook like-box sih udah biasa, bahkan hampir di tiap web/blog yang kubangun selalu menampilkan facebook like-box. Tapi sekarang aku tertarik untuk memasang fitur facebook like button pada blogspot. Tidak seperti like-box yang menampilkan berapa banyak member pada fanspage kita, like-button merupakan fitur untuk memberi tanda 'like' pada alamat web dan sekaligus men-share alamat tersebut pada akun facebook kita.
Fitur ini sangat bermanfaat, terutama jika kita ingin melihat berapa populernya sebuah artikel (berdasarkan hitungan 'like' yang berbeda pada tiap artikel), dan kita dapat sharing URL artikel langsung ke wall facebook hanya dengan satu kali klik!
Untuk memasangnya, kita tinggal meng-generate code-nya di https://developers.facebook.com/docs/plugins/ dan memasangnya pada template blogspot. Namun, pada saat mengisikan 'URL to Like' kita hanya diizinkan untuk memberikan sebuah alamat URL yang bisa kita 'Like' dan share. Misalnya kita beri setting dengan url http://www.mastereon.com, maka credit tombol like tersebut hanya menunjukkan hitungan like milik URL tersebut. Seandainyapun tombol 'like' tersebut muncul pada halaman http://www.mastereon.com/halaman1.html, maka jika tombol 'like' diklik hanya akan menambahkan dan menampilkan jumlah 'like' untuk http://www.mastereon.com.
Yah, sama aja dengan facebook like-box dong?! Iya, itu dikarenakan settingan code like-button statis pada 1 URL. Untuk itu kita perlu mengubahnya menjadi dinamis, sehingga tiap artikel (URL) akan punya hitungan jumlah 'like' yang berbeda. Untuk mengubahnya cukup gampang, perhatikan code hasil generate, cari string ini: data-href="http://www.nama_domain.com" dan ganti menjadi expr:data-href='data:post.url'. Dan voila!, kini facebook like-button sudah dinamis sesuai dengan URL tiap artikel blogspot!
Share:

0 comments:

Posting Komentar