Twitter Contributors: Satu Akun Twitter Buat Rame-Rame

by - 10.15.00

Kawan-kawan Roy yang juga seorang tweep (pengguna twitter) pasti deh sering mem-follow akun-akun twitter yang sifatnya official atau akun komunitas. Misalnya akun twitter-nya Sherlock Holmes Indonesia (@sherlock_id), atau twitter berita nasional, twitter produk perusahaan, twitter kata-kata mutiara dll. Nah, coba deh tweep perhatiin, twitter-twitter tersebut selalu update kan? Satu hari aja bisa ratusan twit yang muncul dari twitter mereka?!

Seperti yang tweeps ketahui dengan baik, akun twitter biasanya hanya mewakili seseorang saja dan dikelola oleh orang tersebut sendiri. Jadi, bagaimana mungkin sebuah akun bisa menghasilkan ratusan twit tiap harinya? Selain itu, twitter tidak seperti facebook yang memiliki banyak fitur, misalnya aja fitur forum dan fanpage. Fitur-fitur facebook tersebut memungkinkan seseorang dengan akun yang lain melakukan posting wall sebagai akun lain yang diwakilinya.

Oke oke, kalo pada puyeng contohnya begono: Aku punya akun facebook dengan nama akun Roy Andika. Kalau sedang buat status atau komentarin status orang tentunya akan muncul sebagai Roy Andika, betul ga? Tapi, karena aku juga menjabat sebagai Admin di fanpage Sherlock Holmes Indonesia (disingkat SHI aja biar ga ribet), aku juga bisa melakukan posting status dan komentar sebagai SHI. Ga hanya terbatas dalam fanpage loh, aku juga bisa berkunjung ke akun lainnya tetap sebagai SHI. Nah yang lebih unik, bukan hanya aku aja loh yang bisa kayak gitu, siapa aja yang menjabat sebagai Admin di fanpage SHI akan dapat memanfaatkan kelebihan tersebut. Jadi jika SHI punya 10 admin, bisa deh keroyokan bikin status dan komentar di fanspage SHI tiap hari.

Tapi twitter kan nggak kayak gitu? Kita ga bisa keroyokan ngetwit dari akun-akun berbeda menjadi twit dari satu akun?!

Masih bisa kok! Caranya? Yang paling mudah adalah membagikan username dan password akun twitter tersebut kepada para admin yang dipercaya, jadi tiap admin bisa login sendiri dan mengelola twitter tersebut? Tapi, gimana kalau ada Admin yang nakal? Ntar akun tersebut disabotase, diubah email dan password, bisa berabe dong?! Itu dia masalahnya! Cara ini sangat-sangat todak aman!

Sekarang baru deh kita umumin solusinya!

Ternyata Twitter sudah mengeluarkan fitur yang mereka sebut dengan Contributors. Fitur ini membuka jalan  sehingga satu akun bisa dikelola rame-rame oleh beberapa akun berbeda. Tapi sayangnya fitur ini tidak disediakan secara 'siap pakai' oleh twitter, tapi masih berupa 'fitur mentah' yang dapat dikembangkan oleh pihak ketiga. Jadi penggunaan fitur ini bagi tweep awam adalah melalui pihak ketiga seperti: CoTweet, EasyTweet, atau HootSuite. Sayangnya layanan-layanan contributor dari yang tersebut tadi tidak gratis, alias premium, nah kalau mau yang gratis coba pake GroupTweet.

Dengan memanfaatkan jasa pihak ketiga tersebut, tweep dapat mendaftarkan akun-akun twitter mana saja sebagai admin yang dapat melakukan posting twit representatif. Kenapa, puyeng lagi? Begunu sederhananya: Saya punya akun twitter pribadi @royandika, kebetulan di daftarin sebagai contributor di akun @sherlock_id. Dengan metode yang ditentukan, saya bisa memposting twit di @sherlock_id sebagai @sherlock_id, bukan sebagai @royandika. Begitu, sudah paham?

Kalau tweeps menggunakan layanan dari GroupTweet, ada 3 metode melakukan posting twit ke akun dimana tweeps menjadi kontributornya:
  1. Melalui Direct Message (DM)
    Caranya dengan mengirim DM dari akun tweeps ke akun tempat tweeps jadi contributor, ntar isi DM tweeps tadi secara otomatis akan muncul sebagai twit.
  2. Melalui hashtag
    Lakukan posting twit di akun tweep namun sertakan pula hashtag (#) yang sudah ditentukan oleh akun tempat tweeps menjadi contributors.
  3. Melalui mention
    Cukup mention akun tempat dimana tweeps menjadi contributors.
Mudah kan? Dengan begini sebuah akun, baik itu akun official perusahaan, komunitas, atau iseng sekalipun bisa dikeroyok rame-rame sehingga menghasilkan update twit yang buanyak. Ga perlu lagi dong ngetik twit ampe bikin tangan keriting?!

You May Also Like

0 comments