Sabtu, Agustus 04, 2012

Harry Potter Film Series : Completed

Wow, ga terasa sudah 10 tahun jadi penggemar Harry Potter. Masih inget betul awal-awal mulai mengenal Harry Potter sejak kelas 1 SMA, kira-kira tahun 2002. Waktu itu belum banyak temen-temen yang mengenal Harry Potter secara nih karakter baru mulai booming di Indonesia berkat buku-bukunya. Baru tahun 2002 itu juga film pertama Harry Potter and The Sorcerer's Stone dirilis, sekaligus memulai era 'kekuasaan'nya di jagat pustaka dan layar lebar.

Genap tahun kesepuluh menjadi penggemar cerita Harry Potter ini kulengkapi dengan membeli VCD filmnya yang terakhir, Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2. Dengan membeli film ini, lengkaplah sudah koleksi film Harry Potter-ku disamping juga koleksi bukunya. Tidak akan ada lagi cerita baru Harry Potter, tidak akan ada lagi film terbaru Harry Potter, It All Ends Here!

Sedih juga sih menyadari tidak akan ada lagi cerita Harry Potter yang ditunggu-tunggu terbitan terbarunya. Masih ingat rasanya detik-detik menunggu rilisnya buku kelimanya, Harry Potter and the Order of Phoenix, sampai rela-rela indent biar bisa dapet nih buku di hari pertama rilisnya di Gramedia. Bukan hanya buku kelima, buku keenam dan ketujuh juga kudapatkan dengan cara indent sehingga bisa kudapatkan pada hari pertama rilisnya.

Berbeda dengan bukunya, rilisan filmnya tidak membuatku terlalu antusias. Di bioskop aku 'hanya' menonton  4 filmnya, mulai dari film keempat sampai film ketujuh. Untuk film kedelapan justru keburu habis masa tayangnya di bioskop. Entah kenapa, walau sangat menarik untuk menonton filmnya, tapi tidak membuatku seantusias membaca bukunya. Mungkin dikarenakan 'ketidaksukaanku' karena dengan dirilisnya film Harry Potter, meningkatkan jumlah penggemarnya secara signifikan, walau sebagian besar mereka bukanlah 'penggemar sejati'.

Yang kumaksud dengan 'penggemar sejati' disini merujuk pada orang-orang yang mengenal dan menyukai cerita Harry Potter melalui film-filmnya, namun malas membaca bukunya. Menurutku seseorang tidak bisa mengenal cerita Harry Potter secara menyeluruh hanya melalui filmnya, karena terbukti kalau di filmnya banyak cerita-cerita pendukung yang tidak dimuat, dan ini membuat pemahaman akan cerita Harry Potter menjadi dangkal. Aku bisa mengatakan ini karena aku memperhatikan dengan seksama tipe penggemar yang seperti ini, yang tidak lain tidak bukan adalah istriku sendiri. Hehehehe....

Walau harus berakhir disini, cerita Harry Potter akan melegenda hingga berabad-abad kemudian. Cerita Harry Potter akan tetap dikenal sebagai salah satu karya sastra populer Inggris yang mendunia, dan dunia akan terus mengenang dan membacanya. Draco dormiens nunquam titillandus.
Share:

0 comments:

Posting Komentar