Rabu, Agustus 01, 2012

Isi Form Massal Secara Otomatis


Ada kerjaan kecil buat nambah THR nih. Aku diminta mendaftarkan 20 perusahaan yang berbeda untuk 28 jenis proyek dalam pelelangan proyek secara online (e-proc). Pendaftaran dilakuan secara online dan manual, setiap perusahaan akan didaftarkan ke 28 proyek. Artinya aku harus melakukan 480 kali (20 perusahaan x 28 proyek) pengisian formulir pendaftaran online. Busyet, bisa keriting dah nih jari!

Tapi bukan Roy Andika namanya kalau tidak menemukan solusi... Hehehehe... Kali ini, sebagai alat bantu perang kita adalah sebuah extension untuk browser Google Chrome yang bernama Autofill. Dengan extension ini kita dapat melakukan input form tanpa harus mengetik isi form berulang-ulang. Auotfill memungkinkan kita melakukan pengaturan terhadap 'value' yang akan muncul secara otomatis pada 'type field' yang kita tentukan pula, jadi ketika sebuah laman web menampilkan sebuah form dengan 'type field' dan 'name' atau 'id' atau 'label' seperti yang sudah kita tentukan, maka Autofill akan mengisikan 'value' secara otomatis pada form isiannya.

Bingung yah? Kalo kawan adalah seorang programmer yang pernah membuat form isian, pasti udah ngerti banget dengan 'type field', 'name', dan 'value'. Klao enggak ngerti ya udah enggak apa-apa... Buat informasi ga penting aja... Hehehehe...

Jadi, dengan extension Google Chrome yang bisa kawan download gratis di sini ini, melakukan 480 kali pendaftaran dapat dilakukan dengan cepat. Intinya hanya melakukan 20 kali penyetingan Autofill untuk tiap perusahaan, dan setelah disetting langsung buka 28 laman pendaftaran proyek. Tinggal isi captcha di tiap-tiap form, tanpa harus mengisi field lainnya, dan submit!
Share:

0 comments:

Posting Komentar