Axioo Vigo 350 Ternyata...

by - 06.33.00

Setelah kemarin aku dan Ayanx memutuskan untuk membeli ponsel Axioo Vigo 350, ada beberapa catatan khusus yang mesti kucatat di sini. Hal-hal kucatat ini merupakan merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan dari Axioo Vigo 350 terutama bagi kawan yang ingin membeli ponsel yang sama. Hal-hal ini juga tidak kudapatkan pada Samsung Galaxy Young yang kupakai, sehingga aku merasa perlu untuk mencatatnya.

Versi Android
Sebelum membeli ponsel ini, informasi yang kudapat dari brosur dan surfing internet adalah bahwa Axioo Vigo 350 ini mengusung Android versi 2.2 alias Froyo. Dan dari keterangan Axioo sendiri yang kubaca menyatakan bahwa Axioo juga tidak menyediakan layanan upgrade ke versi yang lebih tinggi secara resmi, sehingga beberapa pengguna Axioo Vigo 350 yang tidak puas dengan Froyo harus melakukan penginstalan cusrom (custom ROM) sendiri ke versi 2.3 (Gingerbread) dengan resiko kehilangan garansi bila terjadi kegagalan sistem.
Namun lucunya, Axioo Vigo 350 yang kubeli per September 2012 ini ternyata sudah terinstall dengan Android versi 2.3.7 alias Gingerbread, sehingga secara OS maka Axioo Vigo 350 ini sudah bisa dibilang 'setara' dengan Samsung Galaxy Young/Pocket yang juga mengusung Android 2.3.

Kompatibilitas SIM Card
Ini yang paling merepotkan karena Axioo 350 ternyata memiliki masalah dengan kompatibilitas terhadap SIM card. Kasus yang kutemui adalah kartu SIM GSM yang sudah cukup lama aktif (mungkin sudah aktif lebih dari 1 tahun terakhir) ketika diaktifkan dengan Axioo Vigo 350 ternyata memiliki masalah tidak bisa mengirimkan pesan singkat (SMS) dan memunculkan pesan error FDN (Fixed Dialing Number). Namun hal itu tidak terjadi dengan kartu nomor perdana yang baru diaktifkan, seperti kartu Tri yang kuaktifkan untuk Ayanx gunakan sebagai akses internet, ternyata lancar-lancar saja.

Awalnya kukira ini semacam bug error entah di sistem android atau kerusakan pada ponsel, namun ketika kubawa kembali ke toko dimana aku membeli, memang oleh pihak toko mengatakan ada beberapa kasus serupa juga, dan kesimpulan sementara adalah dikarenakan settingan kartu SIM tidak support dengan smartphone. Hal ini dibuktikan dengan mencoba beberapa kartu baik yang sudah lama maupun yang baru diaktifkan, ternyata hanya kartu SIM baru yang bisa mengirimkan pesan singkat (SMS) dengan lancar, sementara kartu nomor yang lama tidak bisa. Akhirnya hal ini memaksa Ayanx untuk mengganti nomor dengan kartu perdana.

Bagi kawan yang berniat membeli ponsel ini ada baiknya untuk terlebih dahulu mencoba kartu SIM yang saat ini sedang kawan pakai ke ponsel Axioo Vigo 350 untuk memastikan apakah bisa digunakan untuk mengirim SMS atau tidak. Karena jika tidak bisa, maka pertimbangkanlah untuk mengganti dengan kartu perdana karena kartu lama yang tidak kompatibel.

Apakah ini sejenis bug error atau gejala-gejala kerusakan? Sejujurnya aku yakin ini hanya masalah settingan kartu SIM lama yang tidak support dengan smartphone, jadi alternatifnya adalah dengan mengganti dengan kartu perdana. Alternatif lainya yang sedikit lebih merepotkan adalah meminta tukar kartu SIM yang kawan pakai ke Customer Service penyedia jaringan (tukar fisik kartu SIM, tapi nomor tetap sama). Kenapa hal ini tidak terjadi di ponsel serupa seperti Samsung Galaxy Young/Pocket, misalnya? Yah, mungkin ini dikarenakan Axioo yang memang masih cukup 'hijau' di ranah ponsel sehingga ada saja hal yang terlewat, tidak seperti Samsung atau vendor ponsel lainnya yang memang sudah lama bergelut dan menelurkan banyak produk ponsel.

Kamera
Dibekali dengan kamera beresolusi 5MP menjadi daya tarik sendiri buat Axioo Vigo 350, sementara ponsel sekelas lainnya menawarkan kamera yang lebih rendah. Namun apa yang diharapkan dari sebuah kamera beresolusi 5MP tersebut sama sekali tidak memuaskanku karena kulihat hasil tangkapan gambarnya sangat buram, seperti halnya kamera-kamera pada ponsel merk China. Sangat jauh jika dibandingkan dengan kamera ponsel Samsung Galaxy yang cukup terang, tajam dan hasilnyapun memuaskan. Namun yang unik disini adalah kamera pada Axioo Vigo 350 memiliki kemampuan untuk auto focus pada saat dijepret sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam.
Berikut ini adalah contoh hasil jepretan foto menggunakan kamera ponsel Axioo Vigo 350 dan Samsung Galaxy Young dengan objek outdoor. Hasil foto dibawah telah mengalami perubahan ukuran gambar melalui aplikasi GIMP tanpa melakukan perubahan apapun pada kualitas hasil foto. Untuk kamera Axioo Vigo memberikan hasil gambar dengan resolusi 2592x1944 px dan ukuran file 1.06 MB, sementara untuk kamera Galavy Young menghasilkan gambar beresolusi 1600x1200 px dan ukuran file 615 KB.

Kapasitas Memori
Dalam informasi spesifikasi yang ada dijelaskan bahwa Axioo Vigo 350 memiliki kapasitas memori internal sebesar 512 MB. Kupikir kapasitas tersebut cukup besar, terutama bila dibandingkan dengan kapasitas memori internal ponsel Samsung Galaxy Young yang cuma berkisar 200an MB. Namun ketika kucoba install beberapa aplikasi Android, ternyata hanya beberapa aplikasi saja sudah mendapat peringatan kapasitas memori yang hampir habis?! Kucoba mengecek informasi kapasitas memori di ponsel, dan ternyata kapasitas memori internal Axioo Vigo 350 total hanya 157MB??? Jelas ini sangat mengecewakan karena apa yang kudapatkan tidak sesuai dengan informasi spesifikasi yang ada.

Internet SIM 1 dan 2
Saat pertama melakukan penempatan kartu SIM, aku menetapkan kartu SIM 1 sebagai kartu untuk telepon/sms, sementara kartu SIM 2 untuk keperluan internet. Namun ketika internet mobile diaktifkan, ternyata koneksi yang tersedia hanyalah akses 3G saja (EDGE). Ketika kutukar posisi antara SIM 1 dan SIM 2, maka koneksi yang tersedia adalah 3.5G (HSDPA). Di sini aku menyadari 1 hal bahwa: hanya SIM 1 yang mendukung HSDPA sementara SIM 2 hanya mendukung 3G. Jadi pastikan kartu SIM untuk internet yang kawan pakai diposisikan pada SIM 1.

Demikianlah beberapa catatan yang kutulis tentang ponsel Android Axioo Vigo 350 yang ternyata cukup banyak hal yang bisa membuatku 'terkejut', semoga bermanfaat...

You May Also Like

13 comments

  1. Menurut abang dengan kekurangan tersebut apakah axioo vigo 350 masih bisa di toleransi dengan harga 999.000,, karena kemarin saya juga ingin membeli axioo vigo 350 tetapi saat konsultasi dengan pak farly beliau bilang jangan karena axioo bukan vendor smartphone ternama..

    BalasHapus
  2. Menurut sy dgn harga segitu sudah sgt bisa ditoleransi, mengingat produk ini sudah gingerbread dan layar capacitive serta 2 sim. sulit mencari kombinasi tsb dg harga yg sama. Wlw axioo pemain bru d produk ponsel dan tablet tp sejauh ini testimoni sy trhadap vigo 350 cukup positif dan memuaskan.

    BalasHapus
  3. Saya beli axioo vigo 350 harga 850, baru beberapa minggu sudah bermasalah dengan sistem, seperti tablet android murahan lainnya ketika loding sistem android langsung mati berulang x begitu, terus memory ROM yang tertanam hanya 512 dipasang aplikasi ym aja sudah full, padahal aplikasi lain masih butuh di update seperti GPS. Jadi saya sarankan jika bajed anda masih tipis lebih baik tahan dulu untuk membeli smartphone murahan ini, karena anda akan buang duit dengan cuma-cuma.

    BalasHapus
  4. @Risji Wanto: Untunglah Axioo Vigo 350 istri sy tidak memiliki masalah dgn loading sistem yg mati berulang x, dan utk memory internal mmg tertulis 512MB padahal sebenarnya hny 157MB saja yg free space. Secara pribadi sy tidak akan membeli ponsel ini untuk keperluan pribadi saya, karena kurang memuaskan utk di otak-atik. Tapi untuk keperluan simpel internetan, fb, twitter, dll ponsel ini cukup baik.
    Kalo mmg ingin lebih memuaskan, murah, stabil, dan mudah di oprek2, sy rekomendasikan galaxy series terutama produk2 low-end sprti Galaxy Young, Mini atau Pocket walau harus rela mengeluarkan duit sedikit lebih mahal. ^_^

    BalasHapus
  5. hmmm...sepertinya riset yang anda lakukan kepada si vigo 350 ini kurang. saya pemakai vigo 350 (sampai saat ini), dan saya puas..solusi murah hardware middle-end. :) saya coba koreksi ya..

    1. vigo 350 tidak bisa disetarakan dengan galaxy y, karena vigo 350 jauh di atas galaxy y. galaxy y tidak memiliki GPU (Graphic Processing Unit) untuk optimalisasi grafik 3D (tiga dimensi), sedangkan vigo 350 ini GPU-nya Adreno 200..itu yang membuat galaxy y teknologinya tertinggal satu langkah.

    2. oprek vigo 350 itu mudah, bahkan Google menyediakan source code untuk produk ini..hal ini bisa terjadi seandainya anda mengetahui produk asli dari vigo 350..oke saya infokan, vigo 350 ini sebenarnya adalah produk dari viewsonic v350t yg diganti chasing lalu dilabeli axioo di indonesia.

    3. sudah bukan rahasia umum jika android dengan memory internal (RAM) minim bisa diakali dengan "rooting"..sehingga kita bisa menginstall software sebanyak yang kita mau ke microSD, bukan di-install ke RAM yang minim tersebut. :)

    untuk lebih jelasnya silakan kunjungi blog saya di http://teklinik.blogspot.com tapi memang saya belum menulis tentang axioo vigo 350 ini, tapi saya sudah berencana menulisnya (maklum blog saya yang ini baru, dan saya sudah menulis tentang vigo 350 ini di blog lama yang saya non-aktifkan). di situ pula nanti saya akan promosi OS Gingerbread hasil Mod saya sendiri yang saya beri nama Pungkid v0.1a.. :) sekian.

    BalasHapus
  6. Trims banget buat komentar dari bro @Mudha Asmara yg mencerahkan... Mudah2an bisa menjadi tambahan pertimbangan bagi kawan2 yg ingin membeli ponsel ini... ^_^

    BalasHapus
  7. Sama2 bro... :) oiya, berikut sesuai janji saya sebelumnya numpang promo OS PungkidOS bagi para pengguna Axioo Vigo 350 hasil MOD saya pribadi...silakan kunjungi http://teklinik.blogspot.com/2013/01/smartphone-os-pungkidos-versi-mudha.html

    BalasHapus
  8. saya belum pernah nyoba ngeroot axio vigo 350 saya, tapi saya tertarik dan akan mulai mencobanya, saya browsing dan dapat referensi yg cukup baik di http://upwp.blogspot.com/2012/06/cara-gampang-root-axioo-vigo-350.html?m=1
    gitu aja friends, semoga membantu

    BalasHapus
  9. @Kobar Santosa: Tutorial dimaksud (punya mas Unting) sebenernya lebih cocok buat Axioo Vigo 350 lama yg versi Androidnya masih Froyo (v2.2), dimana cara tsb bisa upgrade versi Android ke Gingerbread (v2.3) tapi firmware nya terganti menjadi Viewsonic. Bahasa sederhananya di install ulang gitu, sehingga sudah bukan bawaan Axioo lagi.

    Sementara utk Axioo Vigo yg relatif baru (dipasarkan 2012-an) sudah dgn versi Android Gingerbread (v2.3) oleh Axioo, jadi yang diperlukan skrg adalah cara root-nya saja tanpa perlu ganti firmware ke Viewsonic... ^_^

    BalasHapus
  10. kepada agan2 yg tau cara root axioo 350 yg udah 2.3.7 tolong bagi2 dong..
    ane udah frustasi nih..
    binggung cara rootnya..

    BalasHapus
  11. aku pake AV androidversi 2.3, selama ini aman2 aja, gak ada masalah........tapi gimana cara root-nya gan? tolong pencerahannya dong....trims..

    BalasHapus
  12. hp milik saya sudah hampir lebih satu tahun tidup bisa menampilkan wallpapernya ... dan hanya keluar merek axioo nya saja ... lalu ia mati dan merestart sendiri .. saya sampai sekarang belum juga faham kesalahan nya apa ... bahkan sudah lebih dari 10 counter service saya kunjungi dan semua nya menyatakan tidak mampu ... jadi saya sangat minat tolong dan pendapatnya bagaimana supaya hp axioo vigo saya bisa aktif kembali ... mohon bantuannya sangat ... dengan segala kerendahan saya ucapkan terima kasih ...

    BalasHapus
  13. @denido: Sepertinya hape-nya dalam kondisi bootloop, coba baca2 ttg bootloop di sini: http://www.royandika.com/2014/03/a-nightmare-called-bootloop.html

    Penyebab bootloop bisa karena usaha rooting yg gagal, update firmware, atau krn aplikasi...

    Mmg agak sulit, namun solusinya bisa gunakan cara dari mas unting di http://upwp.blogspot.com/2012/06/cara-gampang-root-axioo-vigo-350.html
    Cara tersebut membuat Axioo vigo di flash (install ulang) via laptop...

    Hanya saja tantangannya adalah apakah kita bisa masuk ke mode download-nya Axioo Vigo 350? Jika bisa, kita tinggal flash firmware dr mas Unting via Odin seperti yg sy jelaskan caranya pada http://www.royandika.com/2014/03/cara-root-samsung-galaxy-tab-3-dengan.html

    BalasHapus