IMHO Tentang Paket Internet Always On Kartu Three

by - 11.50.00

Apaan sih IMHO? Ih, katro banget deh... IMHO = In My Humble Opinion, kira-kira artinya adalah 'pendapatku yang sederhana'. Gitu, hehehehe... Berikut ini sebuah tulisan yang tidak dimaksudkan menjelekkan apalagi mempromosikan sebuah produk apapun, dengan harapan agar kawan tidak terjebak dengan rayuan iklan yang menggiurkan. Dan target kita kali ini adalah paket internet Always On kartu Three seperti yang sudah kusebutkan di catatan berjudul Internet Kartu Three Tak Lagi Gratis.
Langsung aja nih, paket tersebut menyatakan kalo kita dapet akses bebas, tanpa dibatasi quota dan bandwidth, ke 10 situs populer dengan kecepatan penuh. Oke deh, sekarang kita bayangin kita sedang menikmati paket Always On di kartu three nih. Kebetulan lagi pengen buka Kaskus aja deh, trus kita browsing deh di kaskus sampe puasssssss... Ternyata, setelah kita cek sisa pulsa sudah berkurang cukup banyak?! Loh?! Kok bisa?!

Aku tidak mengatakan kalau kasus diatas pasti akan terjadi di paket Always On, tapi kasus seperti itu sangat potensial terjadi di paket ini karena ada 1 kondisi di internet yang sangat tidak menguntungkan bagi paket ini yaitu: kita tidak bisa berselancar di satu link tanpa melibatkan link luar! Kondisi ini sudah hampir mutlak pasti terjadi, dimana ketika membuka satu link domain, bisa dipastikan ada pemanggilan ke link luar juga, entah itu gambar dari Picasa/Photobucket, atau script javascript yang disimpan di server luar misalnya, atau apa saja dimana sangat sulit kita temukan sebuah situs (apalagi dari 10 situs paket Always On) yang tidak lagi mengandung atau memanggil link luar.

Jika kondisi itu terjadi, maka secara otomatis file-file dari link luar akan tetap dipanggil dan didownload oleh browser, namun tentu saja tidak melalui paket Always On, tetapi dengan tarif akses internet biasa yang ditetapkan oleh Three yang tentunya lebih mahal dibandingkan tarif paket apapun. Yang paling lucu adalah aku tidak membayangkan bagaimana caranya kita bisa browsing di Google tanpa membuka link lain? Apa lagi yang bisa kita kerjakan di Google? Buka Google Translate? Atau main Google Plus?

Satu permasalahan lagi yang menjadi kelemahan paket ini adalah, paket ini tidak bisa aktif bersamaan dengan paket lain. Pada paket reguler quota (mis. paket 1GB), maka paket Always On ini hanya aktif jika quota paket kita sudah habis, sementara selama quota paket 1GB kita masih ada maka akses ke 10 situs tersebut tetap memakan quota kita.

Sederhananya menjadi seperti ini: Paket Always On berpotensi menggunakan tarif akses internet reguler yang lebih mahal, sementara pada paket inipun tidak bisa aktif bersamaan dengan paket internet reguler dengan quota. Jadi otomatis menurutku, paket ini tidak memiliki keunggulan yang kudambakan.

You May Also Like

0 comments