Pikir Sebelum Membeli: Samsung Galaxy Note 10.1

Di jagat gadget saat ini sedang dihebohkan dengan dipasarkannya salah satu produk Samsung yang teranyar, apalagi kalau bukan Samsung Galaxy Note 10.1. Setelah sebelumnya sukses dengan Samsung Galaxy Note generasi pertama (layar 5"), gadget yang satu ini benar-benar menarik dengan apa yang ditawarkannya: layar 10.1, multitasting, multiscreen, dan pen stylus. Sepintas apa yang ditawarkan gadget ini bisa jadi lebih menarik dibandingkan apa yang ditawarkan kompetitor-kompetitornya seperti iPad, tapi benarkah dengan harga yang dibanderol 6-7 juta ini 'worthy' dengan fitur yang ada?

Tulisanku ini bukan ditujukan sebagai iklan ataupun menjelek-jelekkan suatu produk, tapi jujur saja sebagai referensi pribadi buatku dan buat kawan yang mungkin tertarik membeli sehingga tidak menjadi korban iklan semata, namun sudah mengerti kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 10.1 sebelum akhirnya memutuskan membeli gadget ini.

#1 Layar lebih lebar
Samsung Galaxy Note generasi pertama merupakan gadget semi tablet dengan layar 5", dan menorehkan sukses cukup menjanjikan dimana gadget ini ditargetkan buat yang suka corat-coret atau yang sibuk dengan kerjaan. Dengan konsep yang masih sama, kini Samsung memperlebar layar pada Galaxy Note terbaru menjadi 10.1" menjadikan gadget ini masuk kategori tablet 'seutuhnya' dan siap berkompetisi dengan gadget sejenis seperti iPad.

#2 Resolusi layar
Galaxy Note 10.1 dibekali resolusi layar 1024x768 pixel, setara dengan resolusi layar pada Galaxy Tab dan iPad 2. Banyak yang sangat menyayangkan keputusan Samsung untuk memberikan layar 1024x768 ini pada gadget teranyarnya karena produk dari kompetitor utama mereka, New iPad, sudah menggunakan layar dengan resolusi Retina Display, yaitu 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inchi (ppi). Jelas, bagi pengamat teknologi dan gadget ini merupakan sebuah 'ketertinggalan' Samsung dimana saat ini Retina Display sudah menjadi tren dan standar dalam kompetisi tablet, sehingga banyak yang memperkirakan Galaxy Note 10.1 akan menjadi produk Death on Arrival ketika harus bersaing dengan New iPad.

#3 Pena stylus (S Pen)
Membekali pena stylus, sama seperti Galaxy Note generasi pertama, merupakan sebuah langkah unik yang mampu meminimalkan kompetisi gadget. Kali ini Samsung membekali dengan pena stylus teknologi Wacon yang sudah menjadi standar di kalangan desainer grafis. Dengan bentuk dan ukuran yang menarik, pena stylus ini mampu merespon tulisan tangan dengan cepat dan akurat, sehingga Samsung meng-klaim menulis dengan pena stylus di Galaxy Note 10.1 senyaman menulis di atas kertas.

#4 Photoshop Touch (PS Touch)
Samsung membekali pula gadget ini dengan aplikasi PS Touch yang telah di optimalisasi dengan pena stylus sehingga melakukan editing gambar dengan Galaxy Note akan jauh lebih nyaman.

#5 Multitasking dan Multiscreen
Fitur multitasking dan multiscreen merupakan fitur andalan gadget ini mengingat ini merupakan terobosan besar dalam teknologi tablet. Namun jika kawan mengharapkan multitasking dan multiscreen seperti yang bisa dilakukan oleh komputer PC (laptop), maka bersiap-siaplah kecewa. Fitur ini di Galaxy Note 10.1, walau merupakan terobosan besar, namun masih jauh dari sempurna namun memiliki potensial development yang menjanjikan, dan hanya bisa pada aplikasi-aplikasi bawaan dan tertentu saja dari Galaxy Note seperti: email, Polaris Office, S Note, browser, galeri foto dan video, serta aplikasi mini Samsung lainnya seperti kalkulator, pemutar audio dan kalender.
Setelah mengetahui beberapa hal diatas, kawan sudah bisa mempertimbangkan untuk membeli gadget ini atau tidak, dan semoga tidak terjebak oleh iklan semata.

Reply to this post

Post a Comment