Jumat, Oktober 05, 2012

Download File Save Untuk Memory Card Game PS2

Pada beberapa artikel kubagikan beberapa file hasil save game PS2 yang sedang atau sudah selesai kumainkan yang bisa kawan download. File tersebut adalah file hasil save terakhir game dari MMC PS2 (Memory Card PS2) dimana jika kawan copy-paste ke MMC PS2 kawan maka kawan dapat melanjutkan permainan yang sedang atau sudah selesai kumainkan, terutama dapat merasakan bonus-bonus unlockable yang sudah diperoleh tanpa bersusah payah dari awal. Karena ini hasil permainan game PS2 ku yang sebagian besar tanpa cheat dan hacking, maka harap maklum jika ketika kawan melanjutkan permainan dengan file save MMC PS2 ini ternyata belum semua bonus yang didapat, moga-moga kawan dapat meningkatkan perolehan point dan bonus gam dan jikalau berkenan akan sangat berguna sekali jika dapat di share kembali di sini.
Bagaimana cara memindahkan file hasil download file save untuk memory card game PS2?
Bagi kawan yang sudah memainkan game PS2 menggunakan flashdisk atau HDD tentu sudah terbiasa dengan yang namanya aplikasi Ulaunch dimana dengan aplikasi tersebut kawan dapat meng-eksplore dan melakukan copy-paste-delete file baik di MMC (slot 1 dan 2) serta flashdisk/HDD melalui konsol PS2. Bagi kawan yang belum terbiasa atau masih memainkan game PS2 menggunakan optik dan kaset game, silahkan ikuti tutorial sederhana berikut.
  1. Siapkan bahan-bahannya, yaitu CD blank 1 buah, installer Ulaunch yang bisa di download di sini, dan sebuah flashdisk untuk memindahkan data hasil download file save untuk memory card Game PS2.
  2. Ekstrak file installer Ulaunch hasil download tadi, pilih file uLE v4.38 boot CD ISO.zip (jika ingin dibakar di CD blank) atau uLE v4.38 boot DVD ISO.zip (jika ingin dibakar di DVD blank). Ekstrak lagi file zip tersebut hingga kawan mendapatkan file bernama uLE v4.38 boot CD ISO.iso atau uLE v4.38 boot DVD ISO.iso
  3. Burn file uLE v4.38 boot CD ISO.iso ke CD blank atau file uLE v4.38 boot DVD ISO.iso ke DVD blank. Kalo belum tahu cara burning file atau ga punya CD-ROM/DVD-ROM di rumah, pergi aja ke warnet atau rental komputer terdekat.
  4. Setelah punya CD atau DVD hasil burning tadi, mainin kaset tersebut ke PS2 seperti biasa. Jangan lupa colokon flashdisk ke slot USB konsol PS2 terlebih dahulu. Lalu kaset tersebut akan menampilkan program sendiri dan pilih program Ulaunch hingga muncul layar seperti ini:

  5. Tekan tombol [O] untuk masuk ke FileBrowser sehingga kawan bisa mulai melakukan explore folder. Pada FileBrowser akan muncul pilihan menu seperti berikut:

    Yang perlu kawan perhatikan adalah pilihan menu:
    mc0:/ → Folder Memory Card Slot 1
    mc1:/ → Folder Memory Card Slot 2
    mass:/ → Folder Flashdisk
  6. Untuk membuka folder tekan tombol [O] dan untuk kembali tekan tombol [△]. Untuk melakukan copy dan paste bisa kawan lakukan dengan tombol [R1] yang akan memunculkan pilihan sub-menu.
  7. Untuk cara memindahkan file hasil download file save untuk memory card game PS2 adalah seperti browsing file di komputer, buka folder mass:/ dan tekan [R1] pada file/folder yang ingin di copy-paste, dan pilih copy atau cut. Lalu mundur ke folder sebelumnya dengan tombol [△], lalu masuk ke folder mc0:/ dan langsung tekan [R1] → paste.
Sekarang file save memory card game ps2 kawan sudah masuk ke memory card, silahkan langsung mainin game-nya.
Share:

11 komentar:

  1. Sudah saya burn file uLE v4.38 boot DVD ISO.iso ke DVD blank tetapi tidak bisa berfungsi di console Ps2 aku gan. Tulisannya Please insert Ps2 CD katanya. Ada Solusi lebih detail gan?

    BalasHapus
  2. aq mau tanya.gan
    aq udah download AR max n udah aq save ke flashdisk.
    jika cara pake AR max itu sedangkan PS2 yg aq pake itu PS2 harddisk.
    tlg ksh solusi.gan
    makasih.

    BalasHapus
  3. @randi jastian Afandi: Sudah dicoba puter beberapa kali blum bro? Klu ud diputer bbrp kali masih ttp ga kebaca, mungkin mesti burn ke kaset lagi. Baca pada catatan ane di: royandika.com/2012/12/tutorial-main-ps2-menggunakan-flashdisk.html (langkah ketiga).

    @yoki satriyo: Sejauh yg ane tau AR Max ga bisa dipake buat maen PS2 via FD/HDD, karena ga ada pilihan booting game dr FD/HDD. Alternatifnya pake Codebreaker, cara install-nya di: royandika.com/2012/08/lika-liku-instalasi-codebreaker-elf.html

    BalasHapus
  4. gan, ane denger di blog lain katanya flash disk nya harus di format dulu yaa jadi FAT/FAT16 ,

    BalasHapus
  5. @singgih pratama: bener bro, tapi tiap FD secara default memang formatnya FAT atau FAT32, klu HDD baru NTFS. Format FAT32 mmg lebih cepat dan ideal utk FD, tapi punya limit dalam besaran file yg transfer, yaitu ga bisa buat transfer file > 4,2 GB, makanya biasanya timbul masalah bila kita mo transfer file ISO game yg lebih besar dr 4,2GB...

    BalasHapus
  6. gan, ane mau tanya cara mindahinnya gimana caranya gan, saya pake ps2 HHD caranya saya tidak tahu gan, untuk ulanch nya kan pakai kase jadi ane pake ps2 HDD gan, dan memilih format pilih apa gan propertis gan thanks gan tolong ya gan

    BalasHapus
  7. Masalahnya dimana yah bro? Soalnya tutor diatas udah cukup instruktif, terutama cara memindahkan file save game dari PC/laptop -> FD/HDD -> MMC PS2. Silahkan dicoba2 dlu tutor diatas... ^_^

    BalasHapus
  8. gan,tolong bantuin lewat video dong.
    yang step 1-3 saja biar jelas

    BalasHapus
  9. Ane udah burn filenya Gan tapi file iso nya gak kebaca tuh di PS2 ane ada yang yang salah atau ada yang harus di instal gak tuh gan?

    BalasHapus
  10. Masbro ikutin langkah2 disini blum? Lihat: www.royandika.com/2012/12/tutorial-main-ps2-menggunakan-flashdisk.html

    BalasHapus
  11. gan, jadi kalau di pindahkan dari flashdisk ke memory card file save game ps2 nya ber-ekstensi apa ? .PSV bukan ? soalnya gak bisa kalau ber-ekstensi .psv save game ps2 nya .

    BalasHapus