Perbedaan Format Instalasi Game PS2 Di Flashdisk Dan HDD

Bagi kawan yang sudah bisa memainkan game PS2 menggunakan flashdisk atau HDD, serta bisa menginstall game PS2 ke flashdisk atau HDD secara mandiri, tentu sudah mengetahui bahwa dalam melakukan instalasi game ke flashdisk atau HDD agar dapat dimainkan terdapat 2 (dua) cara yaitu dengan format ISO dan format GAME. Pada artikel kali ini akan kucoba cari tahu sebenarnya apa sih perbedaan antara format ISO dan GAME ini?

Sebelum kita mengetahui perbedaan format instalasi game PS2 di flashdisk dengan format ISO dan GAME, ada baiknya kita mengetahui kesamaannya terlebih dahulu, antara lain:
  1. Pertama, kedua format ini harus disimpan dalam flashdisk dengan format FAT32 (format default flashdisk) karena konsol PS2 hanya dapat membaca format storage ini.
  2. Kedua, baik format ISO maupun format GAME dapat dimainkan dengan OpenPS2Loader.
  3. Ketiga, file kedua format ini juga dapat di ripping secara langsung (dan tak langsung) dari kaset game DVD PS2 menggunakan software USButils.
Sekarang kita akan bahas perbedaannya satu per satu:

Game Dengan Format ISO
  1. File ISO terdiri dari 1 buah file, biasanya 1 kaset DVD game akan diubah oleh USButils menjadi sebuah file ISO.
  2. Format ISO sebaiknya digunakan untuk game-geme yang besaran file-nya lebih kecil dari 4GB. Kenapa? Karena sepengalamanku beberapa game yang ketika menjadi file ISO memiliki besaran lebih dari 4GB ternyata tidak dapat di copy-paste ke flashdisk. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh format flashdisk FAT32 yang memang didesain untuk flashdisk dengan kapasitas kecil.
  3. Game dengan format file ISO sangat mudah diinstall.
  4. Cara install: Setelah kawan melakukan ripping game DVD PS2 menggunakan software USButils, maka kawan akan mendapatkan sebuah file ISO yang siap dipindahkan ke flashdisk. Namun sebelum memindahkan, flashdisk mesti disiapkan terlebih dahulu. Pastikan flashdisk dalam dormat FAT32 dan buatlah dua buah folder baru dengan nama masing-masing 'CD' dan 'DVD' (tanpa tanda kutip yah). Lalu pindahkan file ISO tadi langsung ke dalam folder 'CD' jika besaran file tidak lebih dari 1 GB, atau ke folder 'DVD' jika besaran file lebih besar dari 1GB. Setelah itu copy-kan juga software iso2OPL.exe ke folder utama flashdisk (folder terluar tempat folder 'CD' dan 'DVD' berada). Jalankan software iso2OPL.exe tersebut dan file ISO tadi secara otomatis akan di-rename sesuai dengan nama rilis dari game tersebut (misal game Shadow of Colossus akan di rename menjadi SCUS_974.72.Shadow Of The Colossus). Selesai. Colok flashdisk ke konsol PS2 dan OpenPS2Loader akan dapat mendeteksi file ISO tersebut sebagai file game.
    Contoh menu USButil untuk memformat ISO dan GAME
  5. File ISO sangat mudah disimpan sebagai back-up di HDD atau laptop, karena tidak perlu di-convert ke format lain, tinggal copy-paste ke HDD atau PC/laptop. Dan file ISO yang sudah di rename dengan nama rilisnya (mis. SCUS_974.72.Shadow Of The Colossus) maka ketika kawan copy-paste kembali ke dalam flashdisk, tidak perlu lagi menjalankan aplikasi iso2OPL.exe.
  6. Untuk me-ripping kaset game PS2 menjadi ISO tidak melulu harus dengan menggunakan aplikasi USButils. Kita bisa menggunakan aplikasi ISO image lainnya seperti Nero, ISO Magic atau ImgBurn. Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk melakukan setting read speed pada kecepatan 4x (maks. 8x).
Game Dengan Format GAME
  1. Format GAME terdiri dari beberapa file yang merupakan pecahan atau part yang terbagi berdasarkan dengan ukuran besaran file.
  2. Format GAME digunakan untuk game-game dengan besaran file yang lebih besar dari 4GB, sehingga akan dipecah menjadi beberapa part dengan ukuran file yang relatif sama (biasanya setiap part masing-masing memiliki besaran file ±1.00 GB, kecuali file part terakhir yang lebih kecil).
  3. Instalasi dengan format GAME hanya bisa melalui aplikasi USButils atau USB Extreme. Sumber game untuk di-convert ke format GAME bisa langsung dari kaset DVD maupun file ISO (file ISO bisa di convert ke format GAME).
  4. Cara install: Sumber game yang bisa kawan gunakan adalah kaset DVD atau file ISO yang bisa langsung di convert ke format GAME oleh aplikasi USButils. File format GAME ini akan disimpan di folder utama flashdisk. OpenPS2Loader akan mendeteksi keberadaan game dengan format ini melalui sebuah file yang bernama ul.cfg dimana file ul.cfg ini ter-generate secara otomatis saat kita melakukan instalasi/konversi format GAME ke flashdisk melalui aplikasi USButils. Namun (sepertinya) file ul.cfg ini akan ter-replace setiap kali kita melakukan instalasi game baru sehingga game lama (kadang) tidak lagi terbaca oleh OpenPS2Loader. Untuk itu yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan update file ul.cfg melalui USButils dengan pilihan menu Utils → Recover list of games.
    Contoh menu Utils dari USButil
  5. Kawan bisa menyimpan game dengan format GAME dan ISO secara bersamaan, karena disimpan di folder berbeda. Format GAME disimpan di folder utama flashdisk, sedangkan format ISO disimpan di folder 'CD' atau 'DVD'.
    Contoh penyimpanan game dengan format ISO dan GAME secara bersamaan
  6. Jika kawan melakukan ripping langsung dari kaset DVD menjadi format GAME, kawan juga bisa mengkonversi format GAME tersebut menjadi format ISO melalui USButils, sehingga bermanfaat sebagai backup.
Begitulah perbedaan format instalasi game PS2 di flashdisk dan HDD, semoga bisa membantu kawan mempermudah instalasi game PS2 pada flashdisk.

31 comments

berbagi ilmu nahwu | Friday, March 01, 2013 5:46:00 PM

gan punya ane ko berbentuk rar file nya

Roy Andika | Sunday, May 05, 2013 10:08:00 AM

@berbagi ilmu nahwu: File apa yg bentuknya RAR bro?

Davin Reinhart | Tuesday, May 21, 2013 8:49:00 PM

min,misalkan ane main persona 4 nah itu sizenya 4,08 GB,nah bisa gk pake format ISO???mohon pencerahannya

Roy Andika | Thursday, May 23, 2013 9:04:00 AM

@Davin: Klu masih 4,08GB sy yakin bisa pake ISO... Biasanya diatas 4,2GB yg udah ga bisa...

arief rachmatullah | Friday, May 24, 2013 1:14:00 AM

min kalo gw main game coraline ukurannya 4,4 gb pas di instal pake usb util berhasil tetapi ketika dibuka di ps 2 ternyata tidak ada game coraline gimana nih

Roy Andika | Sunday, May 26, 2013 11:22:00 AM

@Arief: Install nya format GAME yah? Coba buka flashdisk-nya trus hapus file 'ul.cfg'. Setelah dihapus, buka aplikasi USButil dan klik Utils -> Recover list of games dan pilih lokasi FD/HDD trus klik 'Analyze'. USButil akan men-generate file ul.cfg terbaru yang memuat game-game dalam format GAME yg mungkin belum tercantum. Silahkan dicoba dlu...

wawan | Tuesday, June 04, 2013 1:45:00 PM

mas kalo game nya eror ga mau lanjut misinya knp ya?apa salah instal contoh monster hunter,,,red demption...

Roy Andika | Tuesday, June 04, 2013 2:04:00 PM

@wawan: Mungkin karena mmg file ISO-nya yg dicopy dr kaset ada yg rusak, coba di copy ulang dr kasetnya atau copy dr kaset yg baru. Atau file ISO nya belum di defrag, gunakan aplikasi Autologics Defragment untuk mendefrag file ISO....

wawan | Thursday, June 06, 2013 10:28:00 AM

oke saya coba dulu mas

Joni Kopla | Saturday, June 08, 2013 12:23:00 AM

numpang tnya gan y.....
ane udah donlud game persona 4 iso size 4.11 GB... rencana mau maen di lepie pake emulator PS 2, naah.... yg jd maslaah ni pas ane coba copas ke plesdis ngga bisa, file too large....
Tolong bantuannya gan... kalo bisa sekalian cara install,soale ane liat ngga ada tulisan " SETUP " di file iso nya...
Terima Kasih bila agan bersedia menjawab :)

Roy Andika | Sunday, June 09, 2013 10:38:00 AM

@Joni Kopla: Flashdisk kan biasanya di format FAT32, dimana memang utk format ini jika tidak bisa utk file ISO >4,1GB. Solusinya, flashdisk nya di format ulg dgn format NTFS dlu baru bisa buat mindahin data itu...

Randy Ahmad | Saturday, July 27, 2013 1:40:00 PM

gan link buat download iso2opl.exe nya mati gan, tolong di reupload gan, ane mau nyobain pake FD..:)

Roy Andika | Sunday, July 28, 2013 9:47:00 AM

@Randy: Oke, link ud diganti masbro. Trims atas pemberitahuannya... ^_^

Randy Ahmad | Monday, July 29, 2013 1:56:00 AM

thanks gan..:)
akhir nya bisa testing juga, ane bosen pake DVD abis cepet banget korupt nyaa..:D

kanie ulatbullu | Monday, July 29, 2013 6:21:00 PM

mau nanya gan, ane kan donlod di toren, prince of persia utk ps 2,
cuman bntuk donlod ny rar dalam jumlah banyak per-aplikasi rar 98MB an kira2..
memasukan ke usbutil ny gmn gan? thank info ny..

Roy Andika | Tuesday, July 30, 2013 8:30:00 AM

@Randy: sama2 masbro, emg pake FD bisa bikin irit duit (ga perlu beli kaset mulu), plus bikin awet optik... :)

@kanie: Sepertinya file RAR hasil donlotnya dipecah menjadi beberapa part. Biasanya file RAR klu dipecah maka nama file-nya memiliki format "namafile.part1.rar", "namafile.part2.rar", dst. Klu bener seperti itu maka bisa diekstrak langsung dgn aplikasi WinRAR/WinZIP/7Zip...

Zain | Friday, October 11, 2013 8:21:00 PM

GAN, ANE COBA GAME SUIKODEN V. TAPI PAS MAU RUN GAMENYA MALAH NGADAT GAN. LAYAR HITAM. SOLUSINYA GAN?

Roy Andika | Monday, October 14, 2013 2:45:00 PM

Zain: Coba defrag file ISO-nya dengan software Auslogics Defrag tool...

tajudin | Thursday, January 16, 2014 9:06:00 PM

Tks

tajudin | Thursday, January 16, 2014 9:17:00 PM

Terimakasih mas roy,memang tidak mudah menjalankan tutorialnya tapi berkat sabar&teliti akhirnya bisa juga.tips bagi yg belum sukses coba screenshot tutorial ini,ajak teman untuk meng instal program ini agar lebih teliti dan saling mengingatkan kalau salah langkah.coba dech

tajudin | Friday, January 17, 2014 6:47:00 PM

Mas bisa enggak format hardisnya NTFS bukan fat32,hardis saya 80gb saya seting fat32 tidak ada dalam pilihan yg ada FAT&NTFS,mohon penjelasannya.terimakasih atas semua infonya

Rusdi ansyah | Saturday, January 18, 2014 11:11:00 AM

Mau nanya mas bro, saya kan udah coba menggunakan usbutils, tapi setelah saya masukan kaset game PS 2 ke dvd room PC, kemudian saya create untuk menjadikan file iso menggunakan usbutils, ternyata tidak berhasil atau tidak terbaca, saya bingung padahal saya udah mengikuti cara penggunaan usb utils step by step, sudah hampir 10 kaset game PS 2 ga da yang bisa, kasetnya yang rusak ato gmna yah? Trus ada gak link untuk download gamenya dalam bentuk iso yang akan di usb utils nantinya soalnya kalo pake kaset CD/DVD game PS 2 nya ga bisa2 gan , saya sih mau masukan game resident evil 4, mohon bantuannya gan, atau pencerahaanya? Terima kasih gan.

Stark | Friday, January 31, 2014 2:53:00 AM

mas gan, ane kan mau masukin game iso Samurai Warriors 2 Xtreme legend dan filenya 4,23 GB, ane pake USButil terus patch sama IOPRP (patchnya pas mau create iso game) dan berhasil. terus pas mau main di PS malah ngeblank layar hitam, sebelumnya ada peringatan kalo gamenya defragmented. Ane pake harddisk yg kapasitasnya 84 GB dan formatnya FAT32, ane langsung rip gamenya dari DVD pakai PowerISO nggak pake USButil.

pertanyaan ane :
1. Apakah harus dirubah ke format GAME dulu?
2. Apakah gamenya nggak compatible?
3. Apakah harus di defrag pake aplikasi yg agan sebutkan?

Tolong dijawab ya gan, ane sangat bingung soalnya...
Terima kasih.

Kemel Ogank | Tuesday, February 04, 2014 4:12:00 AM

saya sudah berhasil install MCBoot, tapi setelah saya coba maen game pake plesdis, game nya tidak terbaca, tampilannya selalu seperti halaman awal saja. solusinya bagaimana gan?
versi console saya: SCPH-77006

Roy Andika | Friday, February 07, 2014 9:29:00 AM

@Tajudin: Sebenarnya bs saja memformat HDD ke FAT32 via aplikasi atw command -line windows, tp sy sgt tidak menyarankan krn format FAT32 bisanya hanya optimal untuk kapasitas maks 4GB (format FAT atau FAT16 maks 2GB). Pengaruh utama bila masbro memilih format yg tidak sesuai adlh pada kecepatan pembacaan/perekaman data, pastinya masbro ga mau main PS2-nya lagging atw macet2 kan?

@Rusdi ansyah: Coba buka DVD-nya dgn Windows Explorer (seperti buka folder biasa), kebaca gak? Klu ga kebaca juga berarti mmg DVD readernya ga bisa baca kaset PS2. Klu mo download, silahkan cari di www.emuparadise.me, disana lengkap dan tinggal donlot versi ISO-nya, kebetulan Resident Evil 4 jg sy donlot dr sana dan lancar...

@Stark: Klu patch IOPRP kadang diperlukan, tapi seringkali tidak diperlukan. Masbro bisa explore dlu isi file ISO-nya (bisa pake 7zip) atau intip isi kaset DVD-nya dg windows explorer, ada file IOPRP ga? Klu udah ada ga perlu di patch lagi, biasanya...
Untuk muncul pesan game defragmented, sebaiknya masbro defrag dlu dgn Auslogics DiskDefrag, karena seringkali game yg tadinya ga jalan malah langsung lancar setelah ISO/GAME-nya di defrag. Untuk ISO pilih Action - Advanced - Defrag File, untuk GAME mesti defrag seluruh isi flashdisk dan pilih Defrag & Otimize pada flashdisk/HDD nya.
Dan untuk game yg udah lebih dari 4GB, sebaiknya mmg format GAME saja bro, jangan ISO.

@Kemel Ogank: Sudah install OpenPS2Loader-nya belum?

bladenov | Thursday, March 13, 2014 1:12:00 PM

@bladenov saya mau nanya nich mas...saya punya flashdisc 1 TB USB 3.0 ketika diisi game ps2 gak bisa di baca di PS 2 saya dan formatnya exFat32....gimana mas bisa bantu..saya bingung nih...

Roy Andika | Thursday, March 13, 2014 2:14:00 PM

@bladenov klu sy tidak keliru, port USB konsol PS2 hanya support USB 2.0, berlaku utk FD dan HDD...

Iip Padma | Friday, March 28, 2014 4:30:00 PM

Mas kalo game yg dimasukin ke FD lebih dr 1 game bisa ga?

Roy Andika | Saturday, March 29, 2014 2:09:00 PM

@Iip: Bisa...

Heru Prayoga | Sunday, April 13, 2014 11:40:00 PM

Mau numpang nanya gan. Saya sering install game sndiri di rmh, menggunakan usbutil. Namun ad beberapa game yg saya install, saat dimainkan malah ngelag atau macet". Game yg saya install dlm format GAME, pdhal hdd sdh sy defrag. Mohon pencerahannya gan..

Roy Andika | Monday, April 28, 2014 9:39:00 AM

@Heru Prayoga: Seringnya penyebab game macet/lag itu krn file corrupt dlm proses instalasi krn kondisi kaset yg sdh baret2, atw mmg ad proteksi anti penggandaan di kaset game tsb. Saran sy utk game2 yg tidak bisa dimainkan, coba deh download format ISO-nya di www.emuparadise.me (setelah itu bisa diinstall ke format GAME)...

Post a Comment