20 December 2012

Tutorial Main PS2 Menggunakan Flashdisk

Ga nyangka juga ternyata catatan-ku yang berjudul Main PS2 Menggunakan Flashdisk mendapat respon yang cukup bagus bahkan menjadi salah satu catatan favorit. Dan karena cukup banyak permintaan untuk menuliskan langkah-langkah instalasi agar bisa main PS2 menggunakan flashdisk, maka kali ini aku akan catatkan tutorial main PS2 menggunakan flashdisk.

Sebenernya catatan tutorial main PS2 menggunakan flashdisk ini penulisan ulang dari tutorial di blog ini, yang aku coba tulis ulang dengan lebih rapi dan mudah dimengerti. Tutorial ini berhasil diterapkan pada konsol PS2 Slim SCPH-77000 milikku dan mudah-mudahan bisa diterapkan oleh kawan-kawan yang memiliki konsol yang sama.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:
  1. Flashdisk kapasitas minimal 4GB, lebih besar lebih baik.
  2. Kaset CD blank + CD/DVD burner untuk mem-burn aplikasi ke CD
  3. Paket aplikasi untuk instalasi yang bisa di download antara lain: uLE v4.38 boot CD ISO atau uLE v4.38 boot DVD ISO, ELF_PSU.rar
  4. Memory Card PS2 (MC) yang sudah dikosongkan terlebih dahulu
Pertama, format flashdisk melalui PC dengan format FAT32.
Ekstrak ELF_PSU.rar dan pindahkan semua file dan foldernya ke dalam flashdisk.

Kedua, ekstrak 'uLE v4.38 boot CD ISO.zip' atau 'uLE v4.38 boot DVD ISO.zip' (pilih salah satu) untuk mendapatkan file ISO. Burn file ISO tersebut ke kaset CD atau DVD blank yang sudah kawan sediakan, disesuaikan jenis ISO nya CD atau DVD.

Ketiga, mainkan kaset CD/DCD yang sudah di-burn dengan aplikasi uLE v.38 boot dengan konsol PS2. Sekalian juga flashdisknya dan MC-nya dicolokkan ke konsol PS2. Ada kemungkinan kaset CD/DVD tidak bisa langsung terbaca oleh konsol, jika begitu coba ulangi beberapa kali hingga terbaca atau ganti dengan kaset CD/DVD baru. Jika sudah terbaca maka akan muncul aplikasi uLaunch seperti ini:
Tekan tombol [O] untuk masuk ke FileBrowser. Tombol [O] berfungsi sebagai tombol Enter, sedangkan tombol [X] sebagai tombol Cancel atau Back, dan tombol [R1] sebagai tombol menu.

Pada FileBrowser terdiri dari beberapa folder dengan penjelasan:
mc0:/ → folder memory card slot 1
mc1:/ → folder memory card slot 2
hdd0:/ → folder harddisk eksternal
mass:/ → folder flashdisk

Keempat, masuk ke mass:/ lalu pada file BOOT.psu tekan [R1] dan pilih Copy. Kembali ke menu awal FileBrowser dengan tombol [] dan masuk ke mc0:/ lalu klik [R1] dan pilih PsuPASTE. Kemudian masuk ke mass:/ dan COPY semua file *.ELF lalu PASTE ke mc0:/BOOT (buat dulu folder BOOT dalam mc0:/).
Kelima, masuk ke folder mass:/FreeMcBoot lalu tekan lingkaran [O] pada file FREE MCBOOT.ELF dan kawan akan di bawa ke MC Boot instaler.

Silahkan lakukan 'normal install' (untuk MC yang dimainkan hanya pada satu konsol PS2) atau 'multi version install' (untuk MC yang dimainkan pada banyak konsol PS2 yang berbeda). Tunggu hingga sampai proses finish.

Matikan konsol PS2, copot kaset CD/DVD-nya dan hidupkan kembali konsol PS2 dengan MC tetap tercolok. Jika MC sudah berhasil terinstall FreeMCBoot, maka akan muncul tambahan menu seperti gambar berikut:
Pilih Free McBoot Configurator lalu tekan [X] jika ada kotak keterangan kecil yang muncul. Kemudian pilih Configure OSDSYS options, lalu pilih configure item 1 : ulaunchelf. Tekan [X] lalu sesuaikan dengan settingan berikut:
item 1 settings
name: uLaunchELF → ganti nama sesuai keinginan
path1: mass:/BOOT/BOOT.ELF → MC0:/BOOT/BOOT.ELF
path2: MC?:/BOOT/BOOT.ELF → hapus/clear
path3: MC?:/B?DATA-SYSTEM/BOOT.ELF → hapus/clear
Jika sudah disesuaikan, tekan [] kemudian pilih configure item 1. Tekan tombol kanan stik pada bagian configure item 2 : ESR, lalu tekan [X] atau OK.
Item 2 settings
Name: ESR → Ganti dengan nama OpenPS2Loader
path1: MASS:/BOOT/ESR.ELF → MC0:/BOOT/OPNPS2LD.ELF
path2: MC?:/BOOT/ESR.ELF → hapus/clear
path3: MC?:/B?DATA-SYSTEM/ESR.ELF → hapus/clear

Jika sudah selesai disesuaikan, tekan [] sampai ke menu awal pada free mcBOOT configurator kemudian pilih save CNF to MC0. Reset/restart konsol PS2.

Setelah konsol PS2 restart lalu masuk ke OpenPS2Loader (memory card tetap terpasang). Setelah loading nanti akan muncul halaman dari OPL-nya (berwarna biru background-nya). Pilih settings lalu ganti baris berikut:
USB device start mode off ubah menjadi auto
HDD device start mode off ubah menjadi auto
Kemudian selesai/OK dan pilih 'save changes'.

Sampai disini kawan sudah berhasil memformat MC untuk main PS2 menggunakan flashdisk. Sekarang tinggal mengisi flashdisk dengan game PS2 yang telah kucatat dengan lengkap di catatanku sebelumnya yang berjudul Perbedaan Format Instalasi Game PS2 Di Flashdisk Dan HDD.

Semoga catatanku bermanfaat, dan selamat bermain PS menggunakan falshdisk!

56 comments:

  1. Kog gak ada BOOT.ELF nya? Ada dmana gan? Pas installation mc free boot ada tulisan gtu..... Di paket elfpsu gak ada...

    ReplyDelete
  2. Pada langkah keempat file BOOT.psu di copy lalu pilih PsuPASTE, maka secara otomatis akan terkestrak BOOT.ELF di mc0:/

    ReplyDelete
  3. Iya setelah psuPaste file di extract ke mc0:/BOOT/BOOT.ELF tapi waktu penginstalan free McBoot ada keterangan no BOOT.ELF file in installer folder gtu...

    ReplyDelete
  4. kok pas pilih free mcboot configurator layarnya malah hitam terus??

    ReplyDelete
  5. Wah aku seneng banget mas, aku yg gaptek ternyata berhasil juga mencobanya. Skrg aku bisa main PS2 gak pake CD tp pake HDD, berkat mengikuti panduan yg ada disni. Tapi ada sedikit masalah, "Koq kenapa layar TV nya gak bersih, ada spt pintalan tali yg berjalan dari atas kebawah, itu kalo dari pake HDD, tp kalo dari Flashdisk bagus gak ada gangguan" Tlg donk dibantu : apa, mengapa dan gimana solusinya" Trims atas ilmunya. Kalau boleh sekalian jawabannya juga ke email saya

    ReplyDelete
  6. @BUNG: Dugaan sy sih kemungkinan karena masalah power supply yg diberikan oleh konsol PS2 ke HDD krg maksimal, karena jika dibandingkan dgn flashdisk tentu listrik yg dibutuhkan oleh FD jauh lebih kecil dibandingkan HDD. Saran saya coba gunakan HDD yg memiliki power supply eksternal (tersendiri) tidak tergantung pada konsol PS2.
    Klu menurut sy juga, sebaiknya memang memainkan game PS2 dari flashdisk saja dan gunakan HDD sebagai penyimpan file2 ISO-nya saja, karena jika HDD tsb juga kita pake utk simpan file lain dan colok-cabut di PC juga, takutnya terjadi masalah sistem file pd HDD yg membuat OPL gagal membaca HDD dan mengharuskan kita memformat ulang HDD tsb. Kan repot sekali kalo harus backup data HDD lalu di format agar bisa kebaca lagi oleh OPL.
    Satu hal lagi, jika baru selesai memasukkan/menghapus game di flashdisk/HDD sebaiknya di defrag agar lancar pembacaan file-nya oleh konsol PS2.

    ReplyDelete
  7. Akhirnya nemu juga artikelnya,thanks gan buat panduannya,btw kl optik di ps2nya sndr uda ga ngebaca dvd game ga bisa install donk??

    ReplyDelete
  8. @ray hinko: Memang utk instalasi free mc boot d MC mesti lwt perantara optik, klu utk konsol yg optiknya ud mati total bs disiasati dgn melakukan penginstalan MC di konsol PS2 lain mis punya kawan atw rental.

    ReplyDelete
  9. mmasalah ane sama kayak gan onnoy ni gan,,gmn solusi nya?

    ReplyDelete
  10. Ya ni gan, gak terekstrak file BOOT.ELF nya. padahal udah di CoPas file BOOT.psu nya. Tolong bantuan nya gan...,

    ReplyDelete
  11. gan mslah saya tidak terbaca file BOOT.ELF nya saat instal FREE MCBOOT...
    ps2 saya tipe ps2 slim SCPH-90006
    gmna dong gan?
    mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  12. gan, semisal kita udah install free mcboot jika kita cabut memory cardnya, maka aplikasi itu akan hilang kan dan kembali normal sedia kala?

    ReplyDelete
  13. kak,kalau sudah maen lwt fd apa masih bisa maen lwt kaset lagi??

    ReplyDelete
  14. bang, kok setelah aku buka game, keluar layar warna-warni terus layar hitam saja? aku tunggu stgh jam lbh ttp saja hitam. apa yg salah yah?
    thx

    ReplyDelete
  15. gan klo ps2 slim yg seri 9 harus pasang chip modbo dlu ga?

    ReplyDelete
  16. gan kalo udah maen lewat flashdisk apakah bisa maen lagi dengan kaset ?
    mohon pencerahanya ..

    ReplyDelete
  17. @Onoyz | @Tata Halim | @Dedy Syafutra | @piko agusta: Diabaikan aja peringatan 'no boot.elf'-nya bro, instalasi akan tetap jalan.

    @Amin Rosyidi | berbagi ilmu nahwu: Ane krg faham dgn modchip, setau ane pd konsol ane emg ud dipasang pd saat beli nya bro. Klu ga dipasang ga bisa maen kaset bajakan.

    @Eliza Diana Lestari : Kayaknya masalah pd file ISO game. Coba baca catatan sy yang ini: royandika.com/2012/10/perbedaan-format-instalasi-game-ps2-di.html

    @Putra Arif Prasetyo | @Andreas ben | @Moh Nurafifuddin : Free MC Boot hanya terinstall pada MC, jd klu dicabut atau diganti MC-nya maka konsol PS2 akan seperti normal lagi.

    ReplyDelete
  18. gan,klo misalkan ane coba pake nih cara di ps2 slim 77006 gk masalah kan???

    ReplyDelete
  19. gan,misalkan gw mau game persona 4 nah tuh game ukurannya 4.08 GB itu masih tetep pake format ISO atau udh hrs pake format GAME??mohon bantuannya thx

    ReplyDelete
  20. @Davin: Ane juga pake PS2 slim 77006 bro, jadi pasti bisa! Ukuran 4.08 GB sy yakin bisa bro, klu diatas 4.2GB biasanya yg ga bisa!

    ReplyDelete
  21. apakah ps2 slim seri 9 bisa memainkan game di flashdisk tanpa harus memasang modbo

    ReplyDelete
  22. Kurang tau juga tp dicoba dlu aja bro, sy rasa bisa. Instalasinya kan di MMC, jadi ga ada resiko. Klu gagal, MMC nya bisa di format ulang dan dipake sprti biasa... Klu mmg berhasil, laporan dimari yah bro... ^_^

    ReplyDelete
  23. aku udh mengikuti langkah2 diatas tp ttp gak bisa muncul ulaunchELF dll mas bro cma mncul browser ma system configuration saja. gagal total. mohon pencerahan :'(

    ReplyDelete
  24. @nUrZzz: Konsol PS2 nya seri berapa yah? Biasanya juga tergantung modchip-nya...

    ReplyDelete
  25. bro,aku nih kan ngeburn cdnya pake nero 7,tapi pas proses burnnya udh selesai tapi langsung error,tapi pas ku-restart pc ku,udh keburn semua file-file nya,bisa gk tuh dibaca di ps2nya ??

    ReplyDelete
  26. @Davin: Kadang memang nge-burn ke CD bisa gagal hingga 2-3x, dan yang mesti diperhatikan adalah kecepatan (speed) yang digunakan saat nge-burn harus yang terendah (biasanya 4x). Jika masih gagal dibaca, coba burn lagi di kaset baru 2-3x...

    ReplyDelete
  27. Bang , kalau pake PS2 fat versi SCPH-50006 bisa gak ya ?

    ReplyDelete
  28. @Rin San: Di coba aja bro, biasanya konsol lama udah bisa...

    ReplyDelete
  29. bang , kalau make action replay bisa gak ya , kalau maen game nya (ngecheat). carannya gimana ya kalau bisa ?

    ReplyDelete
  30. @Rin San: Untuk Action Replay tidak bisa dimainkan dengan FD, tapi solusinya bisa dengan Codebreaker, cara instalasi bisa dibaca di sini: www.royandika.com/2012/08/lika-liku-instalasi-codebreaker-elf.html

    ReplyDelete
  31. Mantep nih gan...., ngomong ngomong ada web buat download game ps2nya gk?

    ReplyDelete
  32. @Abimanyu: Sebenernya tlu beresiko utk donlot game PS2, karena filenya yg besar biasanya dipecah bbrp file dan seringkali tidak semua file sukses d donlot (link broken). Jikapun brhasil di donlot, blum tentu juga sukses dimainin. Tp klu mas bro pengen cari link donlotnya, mungkin bisa di cari di link berikut:
    http://j.gs/2VKi
    http://j.gs/2VKr

    ReplyDelete
  33. gan itu MC nya harus bener-bener kosong atau di format?

    ReplyDelete
  34. @Randy: Lebih baik di format aja, masbro...

    ReplyDelete
  35. oh gitu ya gan, terus kalo ane mau save game nya gimana gan? bisa di MC yang sama ga?

    ReplyDelete
  36. @Randy: Bisa bro, sisa space (kapasitas) MC bisa tetap digunakan utk nge-save game masbro. Saran ane, masbro beli MC baru aja untuk dicolokin di slot 2 MC, khusus buat ngesave game... ^_^

    ReplyDelete
  37. bang kok setiap restart balik lagi kgk ada menu kayak abang? apakah ini tidak paten? jadi kita harus pake cd terus untuk mengload?

    ReplyDelete
  38. @IGP Bersek: Restart nya dgn posisi tray (tutup cd) terbuka kan? Klu posisi tutup cd-nya tertutup, konsol akan tetap memutar kaset seperti biasa...

    ReplyDelete
  39. gan bisa tdk kirim tutorial lengkapnya di email q dlm bentuk dokumen,, please saya sngat ingin coba tutor ini,, link download ELF-PSU jg error mohon kirim smua ke email saya bahanx,, ini email q min muh.irfandy@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Mas Roy,tolong direspon secaepatnya,kok setelah saya mengikuti prosedur yang ada,mulai dari burn ULe,dari yang versi awal hingga yg terbaru,kok setelah saya burn pake DVD Decrypter ama IMGBurn,pas saya putar di konsole PS2 Slim seri 7,kenapa tidak bisa booting malahan masuk ke menu browsing PS dengan tampilan kepingan CD di layar,saya uda ganti kepingan DVD trus menerus dan hasilnya sama.apa ada kemungkinan terletak pada Writer(DVD ROM) yang harus cocok atau gimana,soalnya saya pernah burn CODEBREAKER dan berjalan spt normal walaupun bukan pake kepingan kuning(standard PS),tolong penjelasannya

    ReplyDelete
  41. @Bangga: Coba burn uLE v4.38 boot CD ISO dengan kepingan CD biasa (bukan DVD), saya dan temen2 pake versi CD aja dan berhasil...

    ReplyDelete
  42. gan padahal udah ada nama gamenya tapi kalau di jalan.kan kok gak bisa?
    tolong solusi.nya gan???

    ReplyDelete
  43. Setelah melalui step by step yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengisi gamenya ke flash disc, apa melalui PC ato bagaimana, ato ada file yang harus didownload lagi, mohon pencerahannya?

    ReplyDelete
  44. @Rusdiansyah: Cara isi game ke FD silahkan baca artikel berikut: http://www.royandika.com/2012/10/perbedaan-format-instalasi-game-ps2-di.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya mas bro, saya kan udah coba menggunakan usbutils, tapi setelah saya masukan kaset game PS 2 ke dvd room PC, kemudian saya create untuk menjadikan file iso menggunakan usbutils, ternyata tidak berhasil atau tidak terbaca, saya bingung padahal saya udah mengikuti cara penggunaan usb utils step by step, sudah hampir 10 kaset game PS 2 ga da yang bisa, kasetnya yang rusak ato gmna yah? Trus ada gak link untuk download gamenya dalam bentuk iso yang akan di usb utils nantinya soalnya kalo pake kaset CD/DVD game PS 2 nya ga bisa2 gan , saya sih mau masukan game resident evil 4, mohon bantuannya gan, atau pencerahaanya? Terima kasih gan.

      Delete
  45. Mau nanya mas bro, saya kan udah coba menggunakan usbutils, tapi setelah saya masukan kaset game PS 2 ke dvd room PC, kemudian saya create untuk menjadikan file iso menggunakan usbutils, ternyata tidak berhasil atau tidak terbaca, saya bingung padahal saya udah mengikuti cara penggunaan usb utils step by step, sudah hampir 10 kaset game PS 2 ga da yang bisa, kasetnya yang rusak ato gmna yah? Trus ada gak link untuk download gamenya dalam bentuk iso yang akan di usb utils nantinya soalnya kalo pake kaset CD/DVD game PS 2 nya ga bisa2 gan , saya sih mau masukan game resident evil 4, mohon bantuannya gan, atau pencerahaanya? Terima kasih gan.

    ReplyDelete
  46. Mau nanya gan ..gimna sih cara benerin mcboot yg 3 file brokendata nya ke hapus..sebelum ke hapus game2 nya muncul ..tapi abis ke hapus malah ga muncul ..yg muncul malah browser terus..tolong ya gan..

    ReplyDelete
  47. @Agus Setiawan Dodi: Di format ulg aja MC-nya, trus install ulg mcboot-nya...

    ReplyDelete
  48. Gan klo saya coba di PS2 saya seri SCPH-18000 bza gak gan ???

    #Mohon respon secepatnya

    ReplyDelete
  49. Dicoba aja gan, toh ga ada resikonya kok... :)

    ReplyDelete
  50. linknya di remove gan gimana mau didownload??

    ReplyDelete
  51. Gua kan main ps2 SCPH 90006 terus kata orang2 mainnya ga bisa pake flash disk sama MC tapi harus ada DVD kosong yg buat buka OpenPS2Loader . Apakah bisa tanpa DVD? Soalnya kaset nya rusak mulu pencerahan dong

    ReplyDelete
  52. @jhonny christian: saya rasa model ps2 yg dimaksud sudah bisa main dengan flashdisk, kenapa ga dicoba aja?

    ReplyDelete