Uninstall Aplikasi Bawaan Samsung Galaxy Young

by - 13.46.00

Berangkat dari pertanyaan masbro MuammarGomareuzzaman (@gomareuzzaman) tentang bagaimana cara me-remove (uninstall) aplikasi Samsung Chat On pada perangkat Samsung Galaxy Young, kebetulan juga masalah ini sudah pernah diposting dalam salah trit forum android Indonesia, maka mungkin tidak ada salahnya juga jika kubuatkan catatan khusus tentang cara uninstall aplikasi bawaan Samsung Galaxy Young.
Seharusnya catatan ini sudah kutulis sejak berbulan-bulan yang lalu, tapi tak mengapalah jika harus kutuliskan sekarang, mudah-mudahan masih bisa bermanfaat bagi kawan yang lain. Samsung Galaxy Young secara default memang menyediakan berbagai aplikasi standar, terutama buatan Google dan Samsung sendiri. Namun semakin kita menggunakan perangkat ini sehari-hari, semakin pengguna akan menyadari bahwa ada beberapa aplikasi yang tidak digunakan, dan mengingat jumlah kapasitas storage  internal yang sangat terbatas, maka melakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan akan sangat bermanfaat bagi keleluasaan pengguna.

Namun aplikasi-aplikasi bawaan tersebut tidak dapat di uninstall begitu saja, karena Samsung telah memproteksinya sebagai bagian dari sistem operasi Android. Untuk meng-uninstall aplikasi bawaan Samsung Galaxy Young maka syarat mutlak yang harus dilakukan adalah sistem operasi Android Samsung Galaxy Young haruslah sudah di-root.  Jika sudah di root, maka kita dapat mengakses file-file sistem Android sehingga bisa melakukan uninstall pada aplikasi yang terproteksi sebelumnya.

Untuk cara melakukan rooting Samsung Galaxy Young dapat mengikuti cara yang ditulis dimari, prosesnya cukup aman dan sudah dicoba oleh banyak Galaxy Young user, termasuk aku. Namun baca dengan teliti terlebih dahulu tentang keuntungan dan resiko melakukan rooting karena resiko sepenuhnya berada di tangan kawan!

Jika perangkat Galaxy Young sudah di-root, maka kawan dapat menginstall aplikasi Titanium Backup langsung dari Google Play. Jalankan aplikasi Titanium Backup, beri akses root jika diminta dan masuk ke menu 'Backup / Restore'.
Sebelum melakukan unistall aplikasi dengan Titanium Backup, satu hal yang perlu diperhatikan adalah: Tidak semua aplikasi boleh di-uninstall, bahkan hanya sebagian kecil saja yang boleh. Aplikasi-aplikasi tersebut sebagian besar merupakan bagian dari sistem operasi sehingga jika dibuang akan dapat merusak sistem dan menyebabkan Android gagal secara sistem!

Namun jangan khawatir, kawan dapat mengecek terlebih dahulu aplikasi-aplikasi bawaan apa saja yang boleh dan tidak boleh dibuang melalui daftar ini. Mau uninstall aplikasi Samsung Chat On, Social Hub, atau Email sudah bukan masalah lagi sekarang.

You May Also Like

0 comments