Cara Resume Upload Video Youtube

by - 11.56.00

resumable upload youtube, cara resume upload video youtube
Beberapa fitur dan perbaikan pada layanan Youtube saat ini benar-benar sangat bermanfaat. Salah satu fitur yang dimaksud adalah kemampuan resumable upload youtube. Dengan kemampuan upload video ke Youtube yang bisa di resume, artinya kita dapat melakukan 'pause' pada saat proses upload video, dan dapat dilanjutkan kembali pada kesempatan lain. Ini tentunya sangat berguna saat kita harus meng-upload file video dengan ukuran besar.

Beberapa keuntungan yang dapat kita nikmati dari fitur ini antara lain:
  • Kita dapat meng-upload file video dengan ukuran besar dengan cara mencicil.
  • Tidak khawatir lagi adanya kegagalan upload karena gangguan, semisal listrik padam atau koneksi internet terputus tiba-tiba.
  • File video yang di-upload tidak perlu dipecah (split).
  • Tidak memerlukan aplikasi apapun.
  • Dilakukan via browser Google Chrome, Mozilla Firefox dan Internet Explorer.
Tidak ada cara khusus untuk dapat menikmati fitur resumable upload youtube. Yang perlu kawan lakukan untuk mem-pause proses upload youtube yaitu cukup dengan menutup tab atau jendela browser yang kita gunakan untuk meng-upload, dan Youtube secara otomatis akan mem-pause proses upload kita.

Dan untuk cara resume upload video youtube juga cukup sederhana, kawan tinggal melakukan proses upload pada file yang sama (proses upload dari awal), lalu Youtube akan secara otomatis mencocokkan dengan proses upload yang ter-pause, dan jika cocok maka proses yang ter-pause tadi akan langsung dilanjutkan. Sebelum kawan mencoba fitur resumable upload youtube ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu.

Pertama, pastikan akun youtube kawan sudah bisa meng-upload file video berdurasi lebih dari 15 menit. Jika kawan baru bergabung (signing up) di Youtube, maka biasanya akun kawan hanya bisa untuk meng-upload file video berdurasi maksimal 15 menit. Untuk meng-upgrade akun youtube kawan tersebut, silahkan ikuti instruksi di sini.

Kedua, pastikan kawan sudah menginstall dan menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru, untuk memastikan fitur resumable upload youtube dapat berjalan dengan baik. Untuk jaga-jaga, ada baiknya juga eng-upgrade falsh player ke versi terbaru.

Ketiga, ketika proses upload telah ter-pause dan kawan ingin melanjutkan kembali (resume) upload maka pastikan kawan melakukan resume upload dari komputer yang sama, browser yang sama, lokasi file yang persis sama dan nama file yang persis sama (tidak berubah). Dengan begitu youtube akan mencocokkan parameter dan metadata proses upload yang ter-pause sebelumnya dengan proses upload yang sedang kita lakukan, jika cocok semuanya maka Youtube akan mengizinkan proses upload yang sebelumnya di-pause untuk dilanjutkan (resume). Jika ada ketidakcocokan, maka Youtube akan meng-upload-nya sebagai upload video baru.

Kira-kira seperti itu cara resume upload video Youtube, dan sekarang kawan sudah bisa meng-upload file-file video besar ke Youtube. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 comments