Lika-Liku Patching ISO Game PS2

by - 09.10.00

Pada catatanku sebelumnya, untuk memainkan game PS2 menggunakan flashdisk atau HDD menggunakan file ISO game PS2 ternyata menemui berbagai tantangan. Di antara tantangan tersebut adalah tidak semua judul game PS2 yang bisa kita ripping menjadi file ISO lalu dimainkan dengan OpenPS2Loader, seperti yang sudah kucatat di catatanku yang berjudul Cara Bikin ISO DVD Game PS2 Terproteksi. Judul game seperti Dynasty Warriors 6 atau Final Fantasy XII - International Zodiac Job System merupakan judul-judul game yang tidak bisa di-ripping begitu saja menjadi file ISO, karena telah terproteksi.

Pada catatanku berjudul Cara Bikin ISO DVD Game PS2 Terproteksi, saya sudah mencatat tentang cara ripping DVD menjadi file ISO plus cara patching IOPRP, dan dalam catatan kali ini kita khusus mencatat sedikit lebih jauh tentang lika-liku patching IOPRP.

Berdasarkan fitur pada aplikasi USButil, ternyata terdapat 2 (dua) jenis patching untuk mengatasi proteksi pada kaset DVD game PS2, yaitu patching DNAS dan IOPRP. Sampai detik ini pun aku masih tidak tahu perbedaan antara patching DNAS dan IOPRP ini, dan kita hanya akan fokus pada satu jenis patch saja yaitu: IOPRP.

Hampir Semua Judul Game Sudah Ter-Patch IOPRP
Ini adalah kenyataan sederhana yang aku temui sejauh ini, bahwa semua kaset game PS2 yang kucoba ripping menjadi ISO ternyata sudah memiliki patch IOPRP. Cara mengenali file patching IOPRP diantara file-file game pada data kaset DVD cukup mudah, yaitu kawan tinggal mencari file dengan format nama IOPRP***.IMG (tanda bintang merupakan angka). File patch IOPRP ini biasanya dapat ditemukan pada root file data kaset DVD game PS2 seperti berikut:

Atau dapat ditemukan dalam folder IOP seperti berikut:
Jadi pada dasarnya hampir semua judul game PS2 yang dijual di pasaran sudah memiliki file patch IOPRP, sehingga bisa dimainkan pada konsol PS2 kawan. Aku juga menyimpulkan, entah bagaimana, sepertinya patch IOPRP ini memiliki keterkaitan dengan modchip yang terpasang pada konsol, mungkin bahkan keduanya berpasangan (misalnya modchip fungsingya memang mengaktifkan patch IOPRP-nya). Tapi tentu saja itu hanya dugaan, karena aku sama sekali bukan ahli patching game, hehehe...

Tidak Semua Patch IOPRP Pada Kaset DVD Berjalan Juga Pada ISO
Walau kebanyakan kaset game PS2 yang dijual di pasaran sudah memiliki patch IOPRP secara default, namun ternyata tidak menjamin patch tersebut akan jalan pada saat game tersebut berbentuk file ISO. Disinilah fungsi patching IOPRP pada fitur aplikasi USBUtil diperlukan, yaitu kawan dapat mem-patch ulang game PS2 dalam format ISO file yang tidak dapat dimainkan dengan OpenPS2Loader. Hal ini terjadi pada beberapa judul game seperti Dynasty Warriors 6 dan God Hand.

Patching IOPRP Pada Format ISO dan GAME
Kawan yang sudah membaca catatanku yang berjudul Perbedaan Format Instalasi Game PS2 Di Flashdisk Dan HDD, terdapat dua jenis instalasi game pada flashdisk atau HDD yaitu dengan format ISO dan format GAME. Untuk format ISO, kawan dapat melakukan patching IOPRP secara langsung pada file ISO, baik pada file ISO yang kawan mainkan secara aktif (tersimpan di flashdisk) maupun pada file ISO yang kawan back-up ke HDD.

Namun berbeda dengan format GAME dimana proses patching sebaiknya dilakukan dengan cara:
1. Menggunakan source file ISO yang masih 'fresh' (belum di patch dengan USButil), atau source langsung langsung dari kaset DVD game PS2.
2. Patching IOPRP dilakukan pada saat melakukan format GAME ke dalam FD/HDD menggunakan USButil.
3. Jika kawan menggunakan source file ISO untuk diformat sebagai GAME ke FD/HDD, maka sebaiknya kawan melakukan backup pada file ISO tersebut, karena proses format file ISO ke GAME ke dalam FD/HDD, USButil akan mem-patch file ISO terlebih dahulu secara otomatis lalu melakukan format menjadi GAME dan di transfer ke FD/HDD. Hal ini membuat file ISO kawan ter-patch dan termodifikasi sehingga beresiko merusak file ISO tersebut.
File ISO yang sudah ter-patch tidak dapat lagi dibuka dengan aplikasi compress/decompress file seperti 7zip, sehingga menyulitkan kita melakukan pengolahan lebih jauh terhadap file ISO tersebut, seperti misalnya untuk memperkecil ukuran file ISO tersebut, yang mungkin akan kucatat dalam catatan tersendiri nanti. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

2 comments

  1. Mas,mau nanya lagi,tp anyway,thx atas jawabannya
    Saya mau tanya mas,apakah memang ada spesifikasi khusus utk USB yang hendak diinstall game PS2,soalnya saya uda hampir nyerah neh,diakibatkan saya pingin main game klasik spt Smackdown vs Raw 2007,kalau bisa dibilang saya uda coba kedua versi PAL dan NTSC,bahkan uda sampai saya "kanibal",maksudnya file-nya saya extract lalu saya buang bbrp file yang saya rasa tidak menganggu kerja game itu sendiri hingga menghasilkan Size On Disk kurang dari 4GB,lalu saya build dan pas test di emulator,ternyata jalan,nah pas proses RIP ke flashdisk,semuanya lancar,tapi kenapa begitu pake Opl Loader maupun USB Advance kenapa tidak jalan,bahkan game dan Flashdisknya uda saya defragment,bahkan game yang semulanya lancar juga ikut2an gagal,tolong pencerahannya

    BalasHapus
  2. @Bangga: Pertanyaannya masbro malah menimbulkan bbrp pertanyaan dr saya (hehehe):
    1. Versi PAL dan NTSC itu versi apanya bro? Region file game kah atau option pada saat mainnya? Sejauh ini saya tidak pernah 'terlibat' dengan versi ini (pada saat proses instalasi game)
    2. Emulator yg digunakan emulator apa dan berjalan di mana? Apakah di konsol PS2 atau di PC?

    Proses yang saya sarankan ringkasnya adalah:

    a. Ambil kaset DVD game-nya, masukkan ke PC. Teliti size-nya, apakah lebih atau kurang dari 4 GB. Klu kurang dari 4 GB, kita akan format sebagai ISO. Klu lebih dari 4 GB kita format GAME. (baca: royandika.com/2012/10/perbedaan-format-instalasi-game-ps2-di.html).

    b. Gunakan USBUtil v2.0 untuk mem-build data dari kaset DVD ke Flashdisk (baik itu format ISO maupun GAME)

    c. Coba mainkan dengan OpenPS2Loader. Akan ada splash screen warna warni sebelum game dijalankan.

    d. Kalau layarnya mentok di salah satu warna (gagal menjalankan file), maka masbro boleh coba defrag file ISO/GAME nya dengan aplikasi Auslogics Defragment dan jalankan fitur defrag single file. Setelah selesai, coba lagi jalanin lagi dengan OpenPS2Loader.

    e. Jika masih gagal (mentok pada splash screen warna-warni), ada kemungkinan kaset DVD game tersebut terproteksi, maka diperlukan patching pada saat building ke FD melalui USBUtil. Baca lagi catatan diatas (Lika-Liku Patching ISO Game PS2). Prinsip dari patching ini adalah, masbro coba build game di FD dengan mencoba satu persatu: tanpa patching apapun, patching IOPRP saja, patching DNAS saja, dan patching IOPRP+DNAS. Coba satu persatu, dan defrag tiap kali selesai di build.

    f. Sampai tahap ini jika masih gagal juga, kemungkinan besar game tsb termasuk salah satu game yg tidak bisa dimainkan dengan OpenPS2Loader (ingat tidak semua game bisa dimainkan).

    g. Terakhir, dari keterangan masbro 'bahkan game yang semulanya lancar juga ikut2an gagal' maka dapat dipastikan instalasi OpenPS2Loader di memory card sudah corrupt (rusak), jadi masbro mesti format dan install ulang MMC nya, dan coba lagi. Karena kasus mirip pernah sy alami ternyata masalahnya mmg pd instalasi pd MMC yg corrupt, bukan (lagi) pd file game di FD.

    BalasHapus