Sabtu, Juni 01, 2013

Handalnya Yamaha New Vixion Lightening

Melanjutkan ngalor-ngidul ngomongin tentang motor sport, setelah menulis tentang kelebihan dan kekurangan Honda CB150R, kini giliran sang raja pasar motor sport dengan produk teranyarnya: Yamaha New Vixion Lightening atau bisa dan biasa disingkat dengan NVL. Yamaha NVL merupakan rilisan terbaru menyusul kesuksesan Yamaha Vixion (Old Vixion) dengan perubahan desain yang begitu kentara sehingga pantaslah diberi nama New Vixion Lightening.

Yamaha sudah berpengalaman selama 4-5 tahun dengan old vixion (on the road) sehingga bisa dikatakan produk ini sangat bisa diharapkan handal.

Kelebihan Yamaha NVL
Walau bermodal mesin SOHC (secara de facto kalah telak dari Honda CB150R dengan DOHC-nya), namun performa NVL tidak bisa dianggap remeh, karena DOHC sangat terasa power-nya di putaran tinggi (ngebut) dan cocok buat touring ke luar kota, namun SOHC sangat terasa power-nya di putaran bawah yang memberikan akselerasi tinggi dan sangat mujarab untuk perjalanan dalam kota yang padat. Mesin juga dilengkapi fitur fuel injection, sistem pendingin radiator, mesin 4 langkah, 4 katup, dengan 5 kecepatan sehingga diatas kertas menawarkan daya maksimum 12.2 kW (16.59PS)/8.500 rpm, torsi maksimum 14.5 Nm (1.48kgf-m)7.500 rpm. Hanya sedikit dibawah CB150R.

Yamaha masih mengandalkan tipe rangka Pressed backbone (Deltabox) seperti pada Old Vixion yang memberi kesan mesin menggantung, namun jangan ditanya soal kemampuan menopang beban (kan udah teruji bertahun-tahun dengan Old Vixion). Tak lupa Yamaha melengkapi dengan teknologi suspensi monocross yang juga sama terbukti handal dalam mengayun beban.

NVL dipasangkan dengan velg dan ban yang sama-sama besaarrr, dengan ukuran 90/80-17 M/C 46P untuk ban depan, dan ukuran 120/70-17 M/C 58P untuk ban belakang. Pastinya nampak gagah nan sporty, tampaknya hal ini untuk membalas 'kekurangan' pada old vixion yang banyak dianggap terlalu cungkring di sisi ban belakang.
NVL dilengkapi O2 sensor pada sistem injeksi-nya dimana dengan aplikasi teknologi ini mesin dapat mengatur jumlah semprotan bahan bakar dengan membaca kadar O2 di gas buang. Hasilnnya? Pembakaran akan lebih sempurna dan emisi gas buang akan lebih bersih.

Sistem rem pada NVL adalah rem cakram, baik pada ban depan maupun ban belakang. Kesannya? Sporty gak nanggung-nanggung! Speedometer kombinasi digital dan analog, dan pas baru dihidupin akan muncul tulisan: HI BRO, keren banget kawan!
Salah satu yang menggiurkan baget adalah: TUTUP TANKI-nya kawan... Model motor sport, ga njendul kayak motor-motor sport Honda bahkan old vixion. Selain itu kunci kontaknya juga berada di tanki, bukan di setang seperti umumnya.
Kesimpulannya: Yamaha New Vixion Lightening benar-benar sebuah produk yang menggiurkan, keren dah!

Kekurangan Yamaha NVL
Klu bicara tentang kekurangan-kekurangannya ternyata sangat minim, mungkin ini disebabkan pengalaman Yamaha selama beberapa tahun terakhir ini dengan Old Vixion. Secara kualitas produksi sejauh ini Yamaha membuktikan mereka menjual tanpa mengabaikan kualitas bahkan menjadi perhatian utama. Kalaupun 'dipaksakan' untuk mencari kekurangannya mungkin hal-hal berikut bisa menjadi perhatian:
1. Tidak adanya Snail Chain Puller
Snail Chain Puller merupakan model penyetel rantai yang jauh lebih praktis dibandingkan model konvensional. Kenapa ini menjadi kekurangan? Karena model ini diterapkan pada old vixion, namun pada NVL malah balik ke model konvensional.
2. Tidak adanya Kick Starter
NVL tersedia dalam dua varian: dengan Kick Starter dan tanpa Kick Starter. CMIIW.
3. Letak Plat Nomer
Ini yang paling fatal: Yamaha meletakkan plat nomer di jidat NVL, jadi kerasa kayak pake koyo atau lagi kompresan gitu?!
4. Coak Pada Rangka, Las Kurang Rapi
Rangka NVL pada beberapa motor terdapat coak alias bolong-bolong dan tampak di las dengan kurang rapih. Coba dicek di sini kawan.
5. Speedometer mengembun
Kasus ini cuma 1-2 kasus aja sih, tapi perlu diperhatiin kalo berencana beli. Cek di sini gan!

Begitulah hasil penerawanganku terhadap handalnya Yamaha New Vixion Lightening. Moga bermanfaat!
Share:

0 comments:

Posting Komentar