IwiraNET on Business

by - 07.15.00

Bulan Juni sudah hampir habis tanpa ada catatan baru yang kutulis di sini. Wajar saja soalnya kesibukanku akhir-akhir ini sangat padat, termasuk yang akan kuceritakan di catatanku kali ini. Hari ini sudah kira-kira lebih dari 2 minggu sejak aku membuka peluang usaha baru, yaitu warnet.

Warnet yang kubuka ini memanfaatkan ruangan bekas warung, dan merupakan program bantuan Kemenkominfo. Bantuan yang kuterima antara lain 5 buah PC klien lengkap dengan kursi dan meja, perangkat keras instalasi jaringan, 1 unit perangkat admin (PC server) lengkap dengan meja, printer, genset dan perangkat promosi (papan nama dan baliho).

Billing yang digunakan adalah aplikasi Xbilling yang sudah dipaketkan pada saat instalasi jaringan warnet. Xbilling ini merupakan aplikasi berbasis web dan (tampaknya) dibuat menggunakan framework Codeigniter (bahasa koding PHP) dan mendukung lintas platform, dikarenakan tidak seperti PC klien yang dibekali dengan OS Windows XP original, PC admin dibekali dengan OS Ubuntu server (yang berjalan dibalik layar) dan Ubuntu Desktop 12.04 sebagai operasional hari-harinya. Itulah keunikan dari aplikasi Xbilling: dapat berjalan lintas platform karena berbasis web.

Namun sayangnya, aplikasi billing ini memiliki banyak kekurangan yang perlu ditingkatkan lagi fiturnya. Misalnya, Xbilling pada klien hanya didukung OS Windows XP, dan (katanya mas teknisi) tidak bisa untuk Windows 7, padahal 5 unit PC tersebut sudah dibekali pula dengan paket instalasi Windows 7 Profesional original. Bukannya malah jadi sia-sia tuh? Beberapa masalah Xbilling lain yang ada mungkin dapat aku tulis dalam artikel lain yang khusus membicarakan masalah pada Xbilling ini.

Walau begitu, warnet ini sudah bisa menjalankan bisnis tanpa halangan yang berarti, Alhamdulillah. Semoga keberadaan warnet ini bisa menjadi manfaat bagi orang sekitar terutama bagi aku dan istri, Amin.

You May Also Like

1 comments