Billing Warnet: XBilling

by - 16.28.00

Setelah sedikit disinggung tentang usaha baru Iwira yaitu usaha warnet kecil-kecilan, kini aku akan membicarakan tentang tool warnet yang paling krusial dan penting. Apalagi kalau bukan aplikasi 'billing'. Aplikasi billing warnet merupakan tool ujung tombak sebuah warnet, tanpa aplikasi ini pemilik aplikasi akan sangat kesulitan melakukan kontrol pada PC klien.

Sebagai bagian dalam program bantuan Kemenkominfo, warnet IwiraNET dibekali dengan sebuah billing sistem yang dinamai Xbilling. Aplikasi billing ini merupakan aplikasi buatan PT Sagara Xinix Solusitama (Xinix Technology) yang dipaketkan bersama dengan komputer server dan klien warnet. Aplikasi billing klien-nya berjalan di platform Windows XP SP3, sedangkan apikasi billing server-nya diprogram dengan (tampaknya) Codeigniter yang mana artinya berbasis PHP, dan dapat berjalan di lintas platform.

Namun aplikasi Xbilling ini memiliki beberapa kelemahan yang cukup mengganggu operasional warnet. Yang pertama, aplikasi Xbilling klien (katanya) hanya dapat berjalan di sistem operasi Windows XP saja. Hal ini tentunya menjadi ganjalan serius bagi pengelola warnet yang ingin tiap unit PC klien diinstal Windows 7 yang lebih aman, stabil dan up-to-date dengan perkembangan software dan game. Kedua, Xbilling klien 'melindungi' desktop dengan layar login, dimana untuk memulai menggunakan komputer, klien harus memasukkan email dan password yang sudah disediakan oleh Xbilling server (admin).
Fitur login untuk memulai menggunakan komputer oleh klien sebenarnya fitur standar sebuah billing, namun permasalahannya adalah fitur login pada Xbilling tidak bisa di-disable-kan, artinya kita harus menggunakannya, baik kita suka atau tidak suka, dan membebani pelanggan dengan usaha mengetikkan email dan password secara manual. Selain itu, Xbilling klien memiliki fitur yang teramat sangat sedikit, hanya berupa informasi waktu mulai, durasi penggunaan, ubah password, dan tombol selesai. Tentunya fitur sesedikit itu kurang memadai dengan banyaknya kebutuhan dan situasi yang akan dihadapi saat operasional.
Xbilling server berjalan secara lintas platform karena berbasis PHP, di alamat localhost aplikasi server Apache. Pada Xbilling server, juga terdapat fitur-fitur yang minim, hanya sebatas keperluan dasar warnet. Fitur yang tersedia antara lain: aplikasi pengaturan akun admin, akun klien, pengaturan harga, history sessions, dan laporan pendapatan.
Salah satu fitur yang sangat dibutuhkan namun tidak kita temui sebagai salah satu fitur Xbilling adalah fitur 'menutup' layar klien secara otomatis bila sudah mencapai batas waktu/biaya tertentu. Fitur ini sangat penting jika seperti pada warnet-ku yang mana banyak pelanggannya adalah anak-anak yang memainkan game dengan paket harga/waktu, misalnya Rp. 1000 untuk 24 menit. Dengan fitur layar tertutup otomatis, layar klien akan dapat tertutup secara otomatis jika waktu penggunaan paket sudah habis.
Permasalahan utama penggunaan Xbilling server ini adalah miskinnya fitur yang tersedia, seperti yang sudah kusebutkan tadi. Selain itu tampilannya juga terkesan klasik dan kaku, kurang eye-catching lah menurutku. Dan sebagai satu paket, Xbilling server ini telah terinstall di komputer server admin dengan Ubuntu 12.04 sebagai sistem operasinya, dan 'di bawah' OS ini terinstall juga OS Ubuntu server, yang mungkin bekerja dibalik layar dan melakukan pengaturan pada koneksi internet.

Ada dua buah bug yang cukup serius dari aplikasi Xbilling klien yang kutemui. Yang pertama adalah terjadinya ketidaksempurnaan penutupan desktop oleh Xbilling login klien, dan biasanya terjadi setelah selesai sesi penggunaan oleh klien, maka layar login klien akan muncul kembali. Namun seringkali penutupan layar ini hanya menutupi sebagian besar desktop saja, sementara ada sebagian desktop, terutama di bagian kanan dan kiri, yang tidak tertutupi oleh Login klien, sehingga kemungkinan klien untuk menggunakan desktop komputer tanpa login menjadi terbuka. Hal ini, dalam perkiraanku, disebabkan oleh penggunaan resolusi layar, yang mana secara default aplikasi Xbilling ini mendukung resolusi 800x600 pixels, sementara PC klien sudah kuatur dengan resolusi yang cukup tinggi, yaitu 1360x768 pixels, sehingga mungkin ini yang menjadi kelemahan atau bug pada aplikasi Xbilling klien. Berikut ini merupakan tampilan screenshot yang seharusnya dan pada saat bug ini muncul.

Tampilan login klien yang seharusnya
Tampilan login klien dengan bug
 Bug yang kedua adalah aplikasi Xbilling klien dapat berjalan diatas aplikasi Xbilling klien yang sedang berjalan, kurang lebih artinya aplikasi ini bisa berjalan hingga dua kali dalam waktu bersamaan (saling timpa). Bagi aplikasi lain, mungkin hal ini biasa terjadi, tapi bagi aplikasi billing warnet maka ini merupakan seuah bug yang mengganggu. Contoh tampilan pada saat bug ini terjadi seperti pada gambar berikut:
Efek dari bug ini, walau tidak terlalu berbahaya, adalah ketika pelanggan melakukan login maka akan akan aktif 2 buah Xbilling Counter (aplikasi yang menunjukkan informasi klien), yaitu aplikasi yang baru berjalan dan aplikasi yang sudah berjalan sebelumnya. Bahkan seringkali bug ini muncul dalam bentuk login ganda, dimana klien setelah melakukan login bukannya langsung ke desktop, tapi malah terhalang oleh tampilan Login klien sekali lagi, sehingga harus melakukan login sekali lagi pula.

Inti dari tulisan ini adalah sebagai kritik membangun bagi pengembang aplikasi Xbilling agar dapat meningkatkan fitur dan kualitas aplikasi billing mereka, mengingat aplikasi ini cukup unik karena dapat berjalan lintas platform, yang tidak banyak dijumpai pada aplikasi billing yang sudah populer saat ini. Selain itu aplikasi billing ini menjadi aplikasi billing yang dipaketkan oleh Kemenkominfo melalui perusahaan mitra, sehingga selayaknya aplikasi ini juga memiliki keunggulan-keunggulan yang bisa dibanggakan dan bersaing dengan aplikasi billing yang sudah ada. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

2 comments

  1. terima kasih sobat atas informasinya.. sangat membantu sekali.. dalam pekerjaanku sebagai operator PLIK.. GBU

    BalasHapus
  2. Semoga bermanfaat buat masbro...

    BalasHapus