Tips Dalam Memilih Aplikasi Billing Warnet

by - 10.49.00

Aplikasi billing warnet merupakan tool ujung tombak sebuah warnet, tanpa aplikasi ini pemilik aplikasi akan sangat kesulitan melakukan kontrol pada PC klien.
~ Roy Andika, Billing Warnet: Xbilling ~

Konsep dasar dari aplikasi billing warnet sebenarnya merupakan aplikasi yang membantu pemilik warnet atau operator dalam mengatur waktu dan harga sewa guna komputer dan internet. Namun seiring dengan perkembangan kebutuhan dan pengalaman ketika operasional warnet, maka kebutuhan pada kemampuan aplikasi billing juga ikut berkembang.


Berikut ini beberapa tips dalam memilih aplikasi billing warnet yang mungkin dapat membantu kawan dalam menemukan aplikasi billing warnet yang tepat, yaitu dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tentukan Kategori Warnet
Secara umum, warnet dapat dikategorikan dalam dua tipe, yaitu warnet biasa dan warnet game. Warnet biasa dicirikan dengan frekuensi penggunaan komputer oleh klien yang lebih banyak digunakan untuk kegiatan browsing, mengetik, multimedia, dan kegiatan lain; sementara warnet game lebih banyak digunakan untuk bermain game dikarenakan perangkat keras dan lunak yang terpasang pada pc klien sangat mendukung untuk bermain game. Kebutuhan aplikasi billing juga sebaiknya menyesuaikan dengan kategori warnet, karena beberapa aplikasi billing sudah memiliki fitur-fitur untuk komputer game (disamping memiliki tampilan ciamik dengan gambar-gambar game) yang mungkin tidak dibutuhkan dan kurang sesuai untuk warnet biasa.

Aplikasi billing yang mendukung untuk warnet game antara lain: Smart Billing, Pika Billing, dan Cybill. Sedangkan aplikasi billing yang lebih sesuai untuk warnet biasa adalah Indo Billing dan Billing Eksplorer.

2. Perhatikan License dan Support dari Aplikasi Billing
Usahakan (dan pastikan) aplikasi billing yang kawan pilih adalah aplikasi yang diperoleh secara legal. Gratis tidak selalu legal, dan legal tidak pula selalu berbayar. Beberapa aplikasi billing yang populer, seperti Indo Billing dan Billing Eksplorer merupakan contoh aplikasi billing berbayar yang versi gratis-nya hasil crack banyak dibagi-bagikan secara gratis di internet. Namun yang perlu diwaspadai adalah, aplikasi hasil crack biasanya telah diotak-atik sebelumnya, sehingga kawan tidak akan tahu apakah aplikasi crack tersebut sudah disisipi virus, spyware atau malware, dan tentu saja beresiko bagi perangkat PC di warnet. Selain itu, penggunaan aplikasi bajakan tentunya tidak mendapatkan support resmi dari developer software, bahkan warnet kawan beresiko terjaring razia.
Sebaliknya, aplikasi billing seperti Smart Billing dan Pika Billing merupakan aplikasi ber-license gratis, dan kawan mendapatkan support resmi secara gratis pula. Pentingnya dukungan support akan sangat terasa jika aplikasi billing tersebut menemui kendala yang tidak bisa kita selesaikan, karena semakin lama kendala terjadi maka semakin kecil pula profit warnet yang dihasilkan.

3. Pilihlah Aplikasi Billing Yang Mudah
Kemudahan aplikasi billing tentunya menjadi prioritas utama warnet. Hendaknya kawan memilih aplikasi billing yang mudah saat penginstallan, mudah mempelajarinya, mudah digunakan oleh pemilik warnet maupun operator (karyawan), mudah digunakan oleh pelanggan, mudah di update (patch), mudah di uninstall, dan mudah menghubungi support team-nya.

Aplikasi Smart Billing merupakan aplikasi billing yang dalam proses instalasinya akan dilakukan langsung oleh teknisi Gwarnet yang akan datang langsung ke warnet kawan atau melakukan instalasi secara remote. Sedangkan untuk Pika Billing maka proses instalasinya bisa dilakukan secara mandiri oleh pengelola warnet, namun support team siap membantu kapan saja. Dan untuk Indo Billing dan Billing Eksplorer legal, maka seperti pada Pika Billing, dapat di install secara mandiri dengan team support yang siap membantu kapan saja.

4. Keamanan
Aplikasi billing harus memiliki tingkat keamanan yang mampu bertahan dari virus/malware, dari pembobolan oleh klien, dan pada aplikasi itu sendiri tidak terdapat celah keamanan yang berbahaya (biasanya ditemukan pada aplikasi billing bajakan yang sering disusupi malware). Salah satu ciri utama aplikasi billing memiliki keamanan yang baik adalah tersedianya update oleh pengembang secara berkala. Pengelola warnet hanya dapat menikmati update berkala ini, baik melalui patch maupun instalasi ulang pada aplikasi, secara legal saja karena biasanya aplikasi bajakan tidak sinkron dengan versi update.

5. Memanfaatkan versi Trial
Versi trial dapat kawan nikmati terhadap aplikasi biling berbayar sebelum memutuskan untuk membeli aplikasi tersebut. Melalui versi trial, kawan dapat mencoba fitur-fitur yang disediakan, kompatibilitas dengan perangkat PC kawan, mengetes keamanan, dan melihat kinerja aplikasi apakah stabil dan tidak crash dengan aplikasi lain pada komputer.

6. Menimbang Tampilan Muka
Tampilan muka aplikasi biling yang eye-catching dapat membuat tampilan PC klien menjadi menggoda, namun tentu tidak selamanya tampilan yang eye-catching dibutuhkan oleh semua orang. Pilihlah tampilan muka aplikasi billing (terutama tampilan login page dan client counter) yang sesuai dengan tipe pelanggan yang banyak mengunjungi warnet kawan.

7. Fitur-Fitur Wajib
Kelengkapan fitur menjadi suatu keharusan dalam memilih aplikasi billing warnet, namun yang lebih utama adalah memilih aplikasi billing warnet dengan fitur yang paling dibutuhkan. Fitur yang banyak dan lengkap dari suatu aplikasi berpotensi memberatkan PC klien dan server. Beberapa fitur yang disediakan mungkin tidak diperlukan oleh warnet kawan, karena itu perhatikan fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh aplikasi tersebut, dan beberapa fitur berikut mungkin bisa menjadi fitur wajib: setting harga, tutup desktop otomatis (pada saat startup atau selesai digunakan klien), pilihan tipe sewa (prabayar/paket atau pasca bayar), tambah/ubah/kembalikan jenis tipe sewa, login backdoor, VNC (lihat dan kendalikan PC klien dari server), Backup database, dan recovery data.

Tips-tips tersebut semoga dapat membantu kawan dalam memilih aplikasi billing warnet, dan pada akhir catatan ini kusisipkan empat buah link aplikasi billing warnet paling populer di Indonesia untuk membantu kawan menimbang-nimbang pilihan aplikasi billing. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 comments