Selasa, Desember 17, 2013

Tiny Tower

Bicara tentang game Android tentunya berbicara tentang 'selera' dimana tiap orang memiliki pendapat dan cita rasa masing-masing. Beberapa game di Android membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berminggu-minggu untuk dimainkan, dan game yang satu ini merupakan salah satu game favoritku di Android, yang dapat menyita waktuku sepanjang waktu ketika mengutak-atik gadget Android.

Tiny Tower merupakan salah satu game simulasi yang mengajak kita menjadi pengelola sebuah gedung pencakar langit. Pada awalnya kita hanya memiliki lantai dasar dan sejumlah coins (uang koin) dan bux (uang lembar) sebagai modal membangun lantai. Pola permainannya adalah: kita harus menambah lantai sebanyak-banyaknya.

Tiap lantai yang dibangun akan kita tentukan kategorinya, apakah Residential (tempat tinggal Bitizens/warga), Food (penjual makanan), Service (penjual jasa), Recreation (hiburan), Retail (penjual barang) dan Creative (penjual jasa kreatif). Tapi kita hanya bisa menentukan kategorinya saja, sedangkan jenisnya akan dipilih secara acak (random). Misalnya kita memilih untuk membangun lantai Service, maka kita tidak akan tahu lantai yang nantinya jadi apakah Laundromat (jasa binatu) ataukah Barbershop (jasa pangkas rambut). Untuk membangun tiap lantai dihargai dengan sejumlah coins, dimana setiap lantai harganya berbeda tergantung ketinggian lantai. Semakin tinggi lantainya semakin mahal harganya, dan semakin lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan konstruksi lantainya.

Pada dasarnya, hanya ada 2 'jenis' lantai: Residential dan Commercial. Lantai Residential adalah lantai tempat tinggal Bitizen, dan tiap lantai ini dapat menampung maksimal 5 bitizen. Sedangkan lantai Commercial (Food, Retail, Service, Recreation dan Creative) adalah lantai dimana kita menghasilkan uang, dan tiap lantai tersebut membutuhkan maksimal 3 bitizen untuk dapat menghasilkan coints.

Game dengan tampilan retro ini cukup sederhana namun menantang dimana selain kita menikmati tiap level yang kita bangun dengan susah payah, kita juga dapat menuntaskan puluhan misi yang disediakan. Walhasil, game ini sanggup menyedot waktuku sedikitnya 1-2 jam perhari, dan jika sedang asyiknya bisa menghabiskan waktu berjam-jam setiap kali bermain.
Share:

0 comments:

Posting Komentar