IMHO Tentang Paket Internet Unlimited Kartu XL

by - 16.00.00

XL memang bukan pemain baru di ranah internet mobile, dan bisa dibilang XL adalah salah satu vendor dengan produk-produk internet mobile yang murah. Bahkan kali ini XL kembali mengeluarkan program internet mobile terbarunya: XL Paket Unlimited. Seperti yang bisa kawan intip di poster artikel ini atau bisa juga tonton versi videonya yang malang melintang di televisi dan youtube.
Pilihan paketnya juga sangat menggiurkan, cukup dengan Rp. 2000 per hari kawan sudah bisa menikmati paket internet (yang katanya) UNLIMITTED!!! Benarkah?! It sound to good to be true, right pal?! Apakah ini hanya sebuah slogan marketing, atau memang demikian adanya?

Untuk kawan-kawan pembacaku yang baik, aku akan membagikan beberapa informasi berupa fakta dan opini yang mungkin bisa kawan gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli paket internet unlimited XL ini, sehingga tentunya kita semua dapat menjadi konsumen yang lebih cerdas dan selektif. Disini aku bertindak sebagai sesama (calon) konsumen yang jujur, adil dan netral dalam memberikan pembahasan, dan sama sekali tidak terikat kontrak papaun dengan XL ataupun vendor lainnya.

Prinsip pertama yang harus kawan pegang dalam menyikapi sebuah iklan tentang internet unlimited adalah bahwa sesungguhnya tidak ada paket internet yang seutuhnya unlimited. Dan itu benar. Terutama pada internet mobile atau paket internet murah, selalu saja ada bagian yang dibatasi (limit) oleh vendor. Sebagai contoh kasus adalah paket internet Telkom Speedy. Seperti yang pastinya kawan ketahui dengan baik, Telkom Speedy merupakan layanan jasa internet terbesar di Indonesia, dan bisa 'dianggap' memberikan paket internet yang unlimited kepada konsumen. Namun sebenarnya internet yang mereka distribusikan selalu memiliki limit quota yang diizinkan, paling tidak ada dua jenis limit quota yaitu: limit quota kecepatan (speed) atau limit quota data traffic.

Hal yang sama juga dapat dilihat dari 'rival' utama XL, yaitu Telkomsel dengan paket internet Flash-nya. Produk-produk utama dari Telkomsel Flash adalah sebuah akses internet dengan quota limit berbasis data traffic dan kecepatan. Strategi ini (limit quota data traffic dan kecepatan) adalah strategi umum yang diterapkan oleh (hampir) seluruh vendor paket internet mobile.

Coba bandingkan dengan kartu 3 (Three) yang telah menerapkan strategi yang sama persis beberapa tahun yang lalu, dengan paket internet unlimited XL yang baru diluncurkan ini. Sebelum meluncurkan paket Always On, kartu Three menawarkan paket internet dengan kecepatan tinggi hingga mencapai quota traffic data tertentu (512MB, 1GB, 2GB atau 5GB), dan jika quota traffic data tersebut terlewati maka kita tetap dapat menggunakan akses internet dengan batas kecepatan (seingatku) 64kbps. Kecepatan inilah yang sejatinya bisa kita nikmati sepuasnya dan oleh vendor dikatakan 'unlimited'...

Mari kita cermati paket internet unlimited XL, berdasarkan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh XL. Kawan dapat membaca detil produknya di sini beserta syarat dan ketentuannya di sini. Dan berikut ini opini sederhana dariku:

1. Ini Paket Promo
Yang dimaksud promo di sini adalah (menurutku) paket ini produk berbatas waktu yang akan habis dan berganti dengan paket produk lain dari XL. Tidak ada jaminan produk ini akan terus ada dalam jangka panjang, karena produk paket internet mobile cenderung berubah dan mengikuti perkembangan pasar. Namun kita tentunya bisa berharap produk pengganti akan menawarkan yang lebih baik (mengambil contoh kasus paket internet kartu Three). Jadi bisa disimpulkan paket ini 'berbatas' waktu.

2. Quota Data Traffic
Paket ini memiliki batas quota data traffic, seperti pada umumnya. Pilihan quotanya bervariasi, mulai dari Harian Rp. 2.000 untuk FUP hingga 20MB, Mingguan Rp. 12.500 untuk FUP hingga 150 MB, dan Bulanan Rp. 49.000 untuk FUP hingga 2GB. Perlu diketahui bahwa program paket Unlimited XL yang terbaru ini didukung kecepatan download hingga 3.6Mbps, dan upload hingga 1Mbps. Jadi bisa disimpulkan paket ini 'berbatas' quota data traffic.

3. Quota Internet Speed
Seperti sudah disebutkan tadi, paket ini didukung kecepatan tinggi 3.6Mbps selama masih ada porsi quota data traffic-nya. Dan jikalau quota data traffic kita sudah habis, maka kita tetap dapat menikmati akses internet dengan kecepatan 8Kbps. Jadi bisa disimpulkan paket ini 'berbatas' kecepatan.

4. Masa Aktif
Tiap pilihan paket internet memiliki masa aktif yang berbeda-beda, Rp. 2.000/hari, Rp. 12.500/minggu dan Rp. 49.000/bulan.

Jadi masi pantaskah paket ini menggunakan embel-embel nama 'Unnlimited'? Silahkan kawan putuskan sendiri.

You May Also Like

0 comments