Rabu, Maret 26, 2014

Jembatan Kapuas Pontianak di Tabrak Ponton (Lagi)

Sumber gambar: Kalbar Antara News
Jembatan Kapuas Pontianak ditabrak oleh ponton lagi. Terhitung sejak 2013 lalu, jembatan yang sering disebut dengan Jembatan Tol Kapuas I oleh masyarakat Kote Pontianak ini, sudah empat kali ditabrak oleh ponton (kapal muatan). Inilah ragam cerita yang menghiasi wajah Pontianak. Sebagai jalur utama yang selalu dipadati oleh masyarakat, kekhawatiran mulai dari ditutupnya lagi jembatan ini hingga robohnya pondasi jembatan menjadi perhatian sebagian besar masyarakat Pontianak.

Berikut ini berita tentang jembatan Kapuas Pontianak ditabrak ponton lagi yang terjadi hari ini, Rabu, tanggal 26 Maret 2014 diambil dari portal berita nasional:
Jembatan Kapuas 1 yang menghubungkan antara Pontianak bagian barat dan Pontianak bagian Timur, Kalimantan Barat, kembali ditabrak kapal ponton, Rabu (26/3/2014) sekitar pukul 10.45 WIB.

Seorang saksi mata Sakinah, yang tinggal tak jauh dari jembatan mengatakan saat tabrakan jembatan bergoyang. Ia mengatakan, tiang fender yang dulunya dibangun karena habis ditabrak kini kena tabrak lagi. "Tiang pengamannya patah," kata Sakinah, kepada Tribunpontianak.co.id, Rabu (26/3/2014).

Ia mengatakan, ponton yang kemungkinan membawa minyak tersebut kini masih ditahan polisi tak jauh dari jembatan. "Tapi sepertinya jembatan belum ditutup, karena masih ramai yang lewat," kata Sakinah.

Sumber: Laporan Wartawan Tribun Pontianak Stefanus Akim
Satu lagi berita tentang jembatan Kapuas Pontianak ditabrak ponton lagi:
Tiang pengaman atau fender Jembatan Kapuas I sekitar pukul 12.00 WIB kembali ditabrak oleh sebuah ponton yang sedang mengangkut minyak dari arah hulu Sungai Kapuas Pontianak.

"Kejadian ditabraknya tiang pengaman oleh sebuh ponton pengangkut minyak, saat ponton itu melewati tiang penyangga Jembatan Kapuas I dari arah hulu menuju hilir Sungai Kapuas," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Ajun Komisaris Besar (Pol) Mukson Munandar di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, saat ini nakhoda dan ponton pengakut minyak tersebut sudah diamankan di Polair Polda Kalbar.

"Nakhoda saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Polair Polda Kalbar bersama dari Dinas Pekerjaan Umum Kalbar," ungkap Mukson.

Kabid Hums Polda Kalbar menambahkan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih banyak dampak dari ditabraknya tiang pengaman Jembatan Kapuas I itu.

"Apakah tabrakan itu berdampak pada tiang penyangga utama jembatan atau tidak, karena tim sedang melakukan pemantauan di lapangan," ujarnya.

Sebelumnya, Agustus 2013 tiang utama Jembatan Kapuas I Pontianak juga ditabrak sebuah ponton yang bermuatan bauksit sekitar 5.000 kubik dari Tayan, Kabupaten Sanggau, sehingga jembatan itu sempat berguncang keras dan juga mengakibatkan rangka tiga dan empat atau persis di tengah-tengah jembatan itu bergeser hingga 10 sentimeter.

Akibat ditabraknya tiang utama Jembatan Kapuas I Pemerintah Provinsi Kalbar sempat menutup beberapa bulan jembatan itu, sehingga hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua saja.

Data Polda Kalbar, mencatat sepanjang tahun 2013 terjadi tiga kasus penabrakan tiang fender dan tiang utama oleh ponton sehingga menyebabkan Jembatan Kapuas I ditutup untuk sementara waktu karena dilakukan perbaikan oleh Kementerian PU.

Sumber: Antara News Kalbar
Semoga saja kejadian ini tidak mempengaruhi aktivitas masyarakat Pontianak sehari-hari.
Share:

0 comments:

Posting Komentar