Rabu, Maret 12, 2014

Billing Warnet: Pika Billing

Kawan butuh referensi aplikasi billing warnet yang bagus? Atau sedang mencari alternatif pengganti aplikasi billing warnet? Kalau kawan belum pernah mendengar atau mencoba aplikasi Pika Billing untuk warnet, maka catatanku kali ini dan selanjutnya akan membahas tentang Pika Billing, seluk beluk instalasi, permasalahan dan cara mengatasinya berdasarkan pengalamanku menggunakan aplikasi ini.

Pika Billing diklaim sebagai aplikasi warnet terbaik dari Korea, dan untuk versi resmi bahasa Indonesia bisa kawan dapatkan dengan mengunjungi website resmi mereka di www.pikawarnet.com. Pika Billing memiliki beberapa keunggulan diantaranya:
  1. Mudah dan nyaman digunakan
  2. Dapat melakukan instalasi secara mandiri
  3. Tampilan yang menarik
  4. Fitur yang lengkap
  5. Gratis 10000000%, tanpa ada app-in purchase atau syarat apapun.
Aplikasi billing seperti Smart Billing (dari Gemscool) memiliki fitur dan tampilan yang mirip, namun untuk instalasinya diperlukan bantuan teknisi dari pihak Gemscool dan melalui persyaratan pendaftaran tertentu. Namun tidak dengan Pika Billing. Kawan hanya perlu melakukan registrasi (sign up) akun Pika Warnet saja, yang nantinya akun tersebut digunakan pada saat instalasi. Dan kawan dapat melakukan instalasi secara mandiri, tanpa perlu mendatangkan teknisi dari pengelola Pika Warnet, tanpa syarat instalasi game apapun atau syarat lainnya, dan sepenuhnya gratis.

Pika Billing dapat berjalan dengan sangat baik di platform sistem operasi Windows XP, Vista dan Windows 7, namun secara default diperuntukkan bagi Windows XP. Khususnya untuk instalasi Windows 7, pengalaman yang kutemui adalah terdapat beberapa bug atau kekurangan yang perlu diatasi secara manual, namun secara keseluruhan dapat berjalan sangat lancar, baik itu aplikasi Pika Billing (server) maupun Client.

Beberapa fitur-fitur andalan Pika Billing diunggulkan dan paling sering digunakan antara lain:
  1. Mendukung sistem tarif Postpay (bayar sesuai lama pemakaian), Prepay (paket harga/waktu), Main Gratis (tidak perlu bayar, biasa digunakan operator saat maintenance), pembatalan pembayaran, pengurangan atau penambahan paket, penjualan produk lain, paket member, paket diskon khusus, bahkan pengelolaan hutang member.
  2. Pengelolaan yang mudah pada database.
  3. Pembatasan pemakaian internet dan aplikasi tertentu (blok program), pembatasan kecepatan, dan pembatasan akses fitur dan direktori (untuk keamanan) pada komputer klien.
  4. Dapat melihat layar klien dari komputer server (VNC), memonitor dan mengontrol program aplikasi yang dijalankan komputer klien, dan dapat memerintahkan komputer klien untuk reboot (restart), atur volume suara, dan shutdown.
  5. Dengan tambahan instalasi Pika Software, dapat melakukan download dan instalasi patch game secara serentak ke seluruh komputer klien.
  6. Pembukuan akuntansi dan pelaporan warnet yang mudah dan lengkap.
Tentunya masih ada beberapa fitur yang tidak kusebutkan yang bisa kawan eksplor sendiri melalui pengalaman penggunaannya. Berikut ini beberapa screenshot yang bisa kawan intip:
Untuk cara instalasi Pika Billing cukup mudah, kawan cukup mendownload dan menginstall dua jenis software: Pika Server dan Pika Client. Perhatikan hal berikut pada saat instalasi:

  • Install Pika Server pada komputer admin/operator (memerlukan login akun Pika Warnet).
  • Install Pika Client pada tiap komputer klien.
  • Input IP address komputer klien pada aplikasi Pika Server (komputer operator)
  • Input IP address komputer operator pada tiap aplikasi Pika Client.
  • Setting harga dan paket
  • Pelajari fitur dan lakukan ujicoba terlebih dahulu
Setelah sedikit latihan, kawan pasti bisa langsung menjalankan warnet dengan sistem billing terbaru. Dan untuk catatan tentang troubleshooting pada Pika Billing, akan dibahas dicatatanku selanjutnya.
Share:

0 comments:

Posting Komentar