Jumat, Juli 11, 2014

Cara Charge Smartphone dan Tablet Yang Benar

Cara Charge Smartphone dan Tablet Yang Benar
Kawan merasa baterai perangkat ponsel atau tablet semakin cepat habis? Atau memakan waktu lebih lama untuk penuh? Mungkin kawan tidak melakukan cara charge smartphone dan tablet yang benar, sehingga mengakibatkan baterai menjadi bocor atau rusak. Silahkan cek beberapa tips berikut untuk menambah wawasan tentang cara charge smartphone dan tablet yang benar.


Melakukan Charge Semalaman
Ternyata keharusan untuk melakukan charge semalaman atau 6 hingga 8 jam pada perangkat baru tidak berdasar. Kepercayaan jika charging yang lebih lama pada baterai baru akan membuat sel-selnya lebih maksimal menerima daya tidak berdasarkan bukti dan penelitian. Hal ini sangat rerkait dengan jenis baterai yang sudah menggunakan Lithium ion (Li-ion) atau Lithium Polymer (Li-Poly). Tidak ada lagi keharusan memperlakukannya seperti baterai jaman dulu yang memakai bahan dasar Ni-MH (Nikel-Metal Hydride).
Jika kawan ingin melakukan charge sambil ditinggal pergi atau tidur sebaiknya menggunakan soket listrik dengan timer seperti gambar berikut:
Cara Charge Smartphone dan Tablet Yang Benar Cara Charge Smartphone dan Tablet Yang Benar

Menguras Baterai
Ada kepercayaan bahwa untuk mendapatkan kemampuan maksimal maka baterai mesti digunakan hingga benar-benar habis dayanya, atau dengan istilah 'menguras baterai'. Untuk baterai Li-ion atau Li-poly, jangan dibiasakan baterai dipakai sampai habis, karena justru bisa mempengaruhi umur siklus baterai yang nantinya akan menjadi lebih pendek. Sebaiknya jagalah baterai selalu berada diatas 50%. Menguras baterai boleh dilakukan sekali-sekali ketika kawan perlu untuk melakukan kalibrasi baterai.

Panas itu Tidak Baik
Dalam pemakaian normal, seringkali kita merasakan perangkat menjadi lebih panas karena aplikasi tertentu. Hal ini mengindikasikan perangkat sedang bekerja lebih keras sehingga membutuhkan daya baterai lebih banyak. Waspadailah jika perangkat kawan sudah diatas 32 derajat Celcius, karena panas berlebih dapat memperpendek usia baterai. Panas pada baterai juga bisa diakibatkan oleh charge yang terlampau lama (walau sebagian besar perangkat sudah dapat memutuskan daya secara otomatis jika charge mencapai 100%).
Selain itu perhatikan dimana kawan meletakkan perangkat. Hindari tempat yang berpotensi memilik panas tinggi seperti di dalam mobil yang tertutup, terkena sinar matahari langsung, atau diatas perangkat listrik lainnya karena dapat membuat perangkat menyerap panas dari luar.

Selalu Gunakan Charger Asli
Charger suatu perangkat tentu berbeda dengan charger perangkat lainnya, baik jumlah arus daya maupun kualitas material. Setiap perangkat membutuhkan arus daya yang berbeda-beda. Perangkat yang membutuhkan arus daya besar namun di charge dengan arus daya kecil akan membutuhkan waktu lama hingga penuh. Sebaliknya, perangkat yang butuh daya kecil tapi di charge dengan daya besar akan menimbulkan panas berlebih pada perangkat. Pastikan selalu menggunakan charger bawaan yang sudah sesuai dengan kebutuhan perangkat, atau setidaknya memiliki input dan output daya yang sama persis dengan charger asli.
Charger tiruan juga memiliki resiko yang cukup berbahaya. Jika charger dibuat dengan material murahan dan tanpa kontrol kualitas ataupun standar mutu, maka charger tersebut tidak hanya dapat membahayakan perangkat tapi juga pengguna. Terjadinya arus pendek, ponsel meledak, panas berlebih pada baterai, melelehnya charger/soket listrik, hingga kematian pengguna merupakan beberapa diantara akibat menggunakan charger yang tidak baik.

Sumber Daya
Gunakan selalu charger dengan sumber daya dari soket listrik, untuk memastikan perangkat mendapatkan arus daya yang sesuai kebutuhan. Penggunaan arus daya dari perangkat komputer atau power bank tidak memberikan arus daya optimal bagi perangkat.

Gunakan aplikasi pemantau arus daya
Bagi pengguna perangkat Samsung Galaxy, kawan dapat memantau besaran arus daya yang masuk ke perangkat saat charging yaitu dengan aplikasi yang bernama Galaxy Charging Current. Dengan memantau besaran daya yang masuk, kawan dapat memastikan daya listrik yang masuk tidak overload dan beresiko pada umur baterai. Dengan aplikasi ini kawan juga dapat memantau kondisi charger apakah masih baik atau sudah harus diganti. Aplikasi Galaxy Charging Current dapat diunduh di Play Store.
Cara Charge Smartphone dan Tablet Yang Benar


Charge perangkat dalam kondisi mati
Perangkat sebaiknya di charge dalam kondisi mati, karena penggunaan perangkat selama masa charging dapat memendekkan umur baterai.
Share:

16 komentar:

  1. Kawan punya tips lainnya seputar Cara Charge Smartphone dan Tablet Yang Benar? Silahkan berbagi di sini.

    BalasHapus
  2. Numpang nanya bos. PS2-ku sudah terpasang HD matrix, apakah bisa dimainkan dengan Flashdisk juga?? cara bootingnya gmn bos. Thanks sebelumnya.

    BalasHapus
  3. terima kasih y bos atas infone... sukses selalu

    BalasHapus
  4. Andriansyah Zidan12 Oktober 2014 13.15

    Mas saya sudah ormat game ke iso dan didepan nama gamenya sudah ada tulisannya saat kita masukan lashdisk ke psnya kita harus ke mana lagi ya?Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  5. FD dan MMC dicolokin aja ke PS2, trus hidupin PS2 nya gan dgn tray penutup DVD terbuka. Klu FreeMCBoot udah terinstall nanti pilih aja OpenPS2Loader untuk memulai game via FD...

    BalasHapus
  6. ivomitrainbows4 November 2014 13.39

    Mas Roy, saya mau tanya ya. Saya udah sukses instal freemcboot, nih (konsol PS2 saya SCPH-77006). Saya download beberapa iso game dari emuparadise dan saya taruh di FD (semuanya di bawah 4 gb). Nah yg saya heran, cuma 1 game yg bisa dimainin (Everybody's Tennis). Lainnya ada yg ga kebaca di OpenPS2Loader, ada juga yg kebaca judulnya aja tapi ga bisa dimainin (cuma keluar layar hijau, ungu, oren, dsb).
    Saya udah jalanin iso2OPLSCAN, tapi ada beberapa game yg ga ke-rename sama program ini. Akhirnya saya rename sendiri setelah cek nama rilisnya dari ultraISO.
    Game iso-nya udah saya defrag juga pake Autologics Defragment, tp itu semua tetep ga ngaruh.
    Kenapa cuma 1 game ya yg bisa dimainin? Ini masalahnya ada di iso-nya, FD-nya, konsolnya, atau OpenPS2Loader-nya, ya? FD saya HP 8gb, udah FAT32.
    Mohon bantuannya ya, Mas :') Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Coba format dlu FD nya, install ulg MMC-nya. Mmg agak sulit utk cari tau masalahnya krn byk hal yg berpengaruh. Klu iso2OPLScan ga detek, kemungkinan ada masalah di file ISO atau FD nya.

    Mungkin ada pengaruh juga dari patching game, ada beberapa game yg ga akan jalan klu belum di patch (atau bahkan di patch malah ga bs jalan). oba baca di sini: http://www.royandika.com/2013/05/lika-liku-patching-iso-game-ps2.html

    BalasHapus
  8. Terima kasih ya, Mas^^ Nanti saya coba solusinya. Artikel2 Mas tentang PS2-nya informatif sekali^^

    BalasHapus
  9. Selamat berusaha ya, mmg klu menemui masalah kadang bikin frustasi, tapi klu sudah sukses hasilnya sgt memuaskan skali... ^_^

    BalasHapus
  10. Fredriek Grover5 Mei 2015 19.50

    Kenapa kalo mau masukin game dari kaset ke util gak bisa padahal uda ikutin langkah langkahnya kasih tau dong bos ?

    BalasHapus
  11. Mksh infonya. Bener ga kalau ngecharge sebaiknya dilakukan ktka baterai udh sampai 40% dan dichargenya smpai 80% aja?. Sya pernah baca gitu

    BalasHapus
  12. gan, numpang tanya dan mohon petunjuknya, saya instal games PS2 (METAL GEAR SOLID 3 UKURAN 4.25 GB ) lewat USBTil dengan cara create games from CD/DVD, terus saya jadikan file GAME dan langsung saya directory kan ke HDD EKSTERNAL saya (USB 2.0 40 GB FAT32) proses nya berhasil gan 100% complete dan sudah terbaca ketika sudah dicolokan ke console PS2 saya (sudah openPS2loader), tetapi kenapa setelah saya coba select (mainkan) ada splash warna warni dan akhirnya blank hitam dan tidak muncul apa2 :( (hampir 2 jam saya tunggu ga ada perubahan)

    pertanyaan nya..

    1. apa ada yg salah dari step by step saya disini ?

    2. apa DVD nya corrupt ya? tapi proses ripping create game from DVD to GAME berhasil kok sampe 100% dan bisa muncul di openPS2Loader saya

    3. apa mesti di create file to ISO saja ya gan? tapi menurut artikel agan di atas untuk GAMES yg ukuran nya lebih dari 4GB sebaiknya menggunakan file GAMES kan?
    so the hell's is problem? :(

    need help and your support on this.

    many thanks before

    BalasHapus
  13. Copy lsg dr kaset DVD mmg agak resiko, bisa jadi corrupt krn kondisi fisik kaset atau optik yg ga optimal. Ada juga kemungkinan game tsb terproteksi shg ga bisa lsg copy-paste, dan penjelasan terkait silahkan baca di http://www.royandika.com/2013/05/lika-liku-patching-iso-game-ps2.html

    BalasHapus
  14. numpang tanya gmn cara copy game yang sudah terinstal di ps2 hardisk ekternal ke ps2 hardisk internal...thanks

    BalasHapus
  15. gan numpang tanya, kalau merubah file iso jadi kaset lagi gimana? thnx..

    BalasHapus
  16. Numpang tanya gan. saya ada 1 game ps2 dengan file .bin & .cue (ukuran total file-nya dibawah 800MB). file-file ini bisa langsung dimasukkan ke FD (taruh di folder "CD") ato harus gimana dulu gan ? Thank ya gan.

    BalasHapus