Minggu, Desember 11, 2016

Memahami Film Miss Peregrine's Home For Peculiar Children

Tim Burton adalah sutradara unik dengan selera pada cerita legenda dan dongeng anak-anak, dan disajikan dengan nuansa 'gelap'. Karya-karyanya (berbasis legenda dan cerita anak) seperti Charlie and the Chocolate Factory, Dark Shadows, Sweeney Todd, dan Alice in the Wonderland, lebih ditujukan untuk penonton dewasa. Tak terkecuali film terbarunya, Miss Peregrine's Home For Peculiar Children. Saya asumsikan yang membaca catatan ini sudah menonton film ini dan mengerti garis besar plot cerita, karena catatan ini akan banyak mengungkap 'garis waktu' (timeline) cerita.

Karena catatan berikut mengandung banyak spoiler, jadi pastikan Anda sudah menonton film ini sebelum membaca lebih jauh. Berikut ini penjelasan mengenai alur waktu pada film:
  • Sebelum meninggal, Abe meminta Jake (Jacob) untuk pergi ke Pulau Cairnholm dan mencari “seekor burung dalam loop (lingkaran waktu) yang bertanggal 3 September 1940.” Burung yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah Miss Peregrine itu sendiri. Abe menyuruh Jake untuk menceritakan apa yang telah terjadi pada Miss Peregrine. Jake mengikuti anak-anak yang ditemuinya ke sebuah gua, dan saat inilah Jake memasuki loop yang diceritakan kakeknya (Abe), yaitu tanggal 3 Sept 1940.
  • Pada tanggal tersebut pula rumah Miss Peregrine dibom oleh Nazi hingga luluh lantak. Namun, karena Miss Peregrine adalah seorang Ymbryne yang mampu mengendalikan waktu, maka dengan kekuatannya ia menciptakan lingkaran waktu dimana tepat sebelum bom jatuh mengenai ruma mereka, Miss Peregrine akan me-reset waktu kembali 24 jam sebelumnya, sehingga meraka akan menjalani kehidupan di tanggal tersebut setiap hari, tanpa bertambah tua. (kita dapat menganggap jika keluar dari Loop, maka waktu akan berjalan normal dan mereka bisa menjadi tua).
  • Dalam suatu kejadian, seorang pengamat burung, Rupert Everett mengikuti Jake ke gua dimana gerbang loop berada, dan seterusnya Rupert Everett menunjukkan jati dirinya sebagai Mr. Barron, yang juga adalah karakter jahat utama film ini.
  • Barron dan Jake masuk ke loop Miss Peregrine, bertanggal 3 Sept 1940, menyudutkan seisi loop. Barron memerintahkan Miss Peregrine untuk mengikutinya ke loop Miss Avocet di Blackpool, yang bertanggal 11 Januari 2016, 6 bulan sebelum tanggal normal (hari ini). Di loop inilah percobaan Barron dalam meneliti keabadian tersimpan. Miss Peregrine ditangkap dalam bentuk burung oleh Baron. Anak-anak lalu menghadapi Hollow, dan tanpa kehadiran Miss Peregrin untuk me-reset waktu, loop mereka berakhir selamanya (tidak dapat berulang) dan waktu kembali berjalan normal. Pada saat itu, tanggal 4 Sept 1940.
  • Anak-anak lalu memutuskan untuk menyelamatkan Miss Peregrine ke Blackpool, dimana gerbang loop Miss Avocet bertanggal 11 Januari 2016 berada. Mereka pergi dengan menggunakan kapal raksasa yang tenggelam. Dalam perjalanan, Emma mengingatkan Jake karena Miss Avocet sudah meninggal, maka loop Miss Avocet tidak dapat di reset. Artinya, jika loop Miss Avocet berakhir, maka waktu akan kembali normal, yaitu 6 bulan setelah 11 Januari 2016, dan semua anak-anak asuh Miss Peregrin akan menjadi tua (kemungkinan mati), kecuali Jake yang memang berasal dari 2016.
  • Sesampainya di Blackpool adalah tanggal 4 Sept 1940, mereka memasuki gerbang loop Miss Avocet ke tanggal 11 Januari 2016. Mereka hanya punya waktu hingga pukul 4:30 dimana loop Miss Avocet akan berakhir selamanya. Plot berlanjut hingga kematian Mr. Barron.
  • Jake lalu mengucapkan selamat berpisah pada anak-anak Miss Peregrin, karena ia akan tetap tinggal di loop Miss Avocet sampai loop-nya berakhir dan menjalani kehidupan normal (11 Januari 2016 dan seterusnya). Jake tidak bisa kembali ke hari dimana ia berasal, karena ia datang melalui loop Miss Peregrine yang telah berakhir selamanya.
  • Anak-anak Miss Peregrine kembali ke 4 Sept 1940 melalui gerbang loop Miss Avocet sebelum loop-nya berakhir. Mereka lalu naik ke kapal dan bersiap-siap berangkat bersama Miss Peregrine yang terluka.
  • Jake menemui kakeknya (di tanggal 11 Januari 2016, atau tidak lama sesudahnya). Tentu saja Abe masih hidup, karena peristiwa terbunuhnya Abe terjadi 6 bulan setelah 11 Januari 2016, dan itu berarti peristiwa terbunuhnya Abe tidak akan pernah terjadi, karena Mr. Barron dan para Hallow sudah mati pada 11 Januari 2016. Jake menceritakan segalanya pada Abe, lalu Abe memberikan pada Jake peta lokasi seluruh loop di dunia dan sejumlah uang asing. Abe menyuruh Jake untuk pergi dari loop ke loop agar bisa kembali ke tanggal 4 Sept 2016 dan bertemu dengan Emma, anak-anak dan Miss Peregrin.
  • Jake melakukan perjalanan waktu dengan memasuki dari loop ke loop yang lebih tua tahunnya, hingga akhirnya ia dapat sampai ke tanggal 4 Sept 2016, dan menemui Emma di atas kapal tepat setelah kejadian di loop Miss Avocet. Bagi Emma dan anak-anak Miss Peregrine, waktu tidak bertambah banyak namun Jake menghabiskan berbulan-bulan (atau bertahun) agar dapat menemui mereka (perhatikan rambut Jake yang memanjang).
Menarik bukan? Timeline tersebut semoga dapat membantu kita memahami lebih baik film Miss Peregrine's Home For Peculiar Children. Silahkan tinggalkan komentar jika ada tambahan, koreksi atau pertanyaan.
Share:

0 comments:

Posting Komentar