Perangkat Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Menggunakan Raspberry Pi

Perangkat Yang Dibutuhkan Raspberry Pi
Semakin meningkatnya popularitas Raspberry Pi ternyata membuatku tertarik dengannya. Memangnya apa itu Raspberry Pi? Kawan bisa googling sendiri untuk mencari tau tentang Raspberry Pi karena disini saya akan fokus menulis tentang tips dan informasi cara instalasi dan menggunakan Raspberry Pi. Bagi kawan yang tertarik untuk menjajal mini-computer Raspberry Pi ini, pastinya penasaran dengan harga Raspberry Pi (atau biasa disingkat Raspi) dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk memulainya? Yuk kita intip apa-apa saja Perangkat Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Menggunakan Raspberry Pi beserta keterangan dan harga.

1. Board Raspberry Pi
Perangkat ini adalah "bintang utama"-nya dan bertindak sebagai mainboard pada komputer, namun berbentuk mini. Board Raspi 'hanya' memiliki prosessor, RAM, slot-slot (USB, LAN, power input dan slot penting lainnya), built-in bluetooth dan wifi (untuk versi 3), serta tidak memiliki storage. Raspi terdiri dari beberapa versi, dan yang paling umum dijual di pasaran adalah Raspberry Pi 2 dan Raspberry Pi 3. Perbedaan keduanya adalah Raspi 2, sebagai versi lama hanya memiliki RAM 512 MB dan belum dilengkapi dengan Wifi (sehingga perlu menambah sendiri) sedangkan Raspi 3 sudah memiliki RAM 1 GB lengkap dengan bluetooth dan Wifi yang sudah built-in. Harga Raspi 3 sendiri adalah $35 atau sekitar Rp. 600.000an di pasaran Indonesia, sementara harga Raspi 2 bisa lebih murah yaitu sekitar Rp. 450.000 s/d Rp. 550.000-an.

2. Wifi Dongle (Antena Wifi USB) untuk Raspi 2
Diperlukan bagi board Raspi 2 yang belum memiliki Wifi built-in. Harga mulai dari Rp. 75.000,-an Casing Board Untuk melindungi board dari sentuhan, benturan, dan lain-lain. Harga bervariasi tergantung bentuk dan bahan, berkisar dari Rp. 70.000,-an hingga Rp. 150.000,-an, yang lebih mahal lagi juga ada.

3. Power Adapter
Sebagai sumber power, Raspi bisa menggunakan charger smartphone namun harus memiliki output daya 5V == 1.0A s/d 2.0A. Pastikan kabel yang digunakan adalah micro USB (standar kabel charging smartphone). Kalau belum punya bisa beli di toko komputer atau konter ponsel dengan harga Rp. 35.000,- s/d Rp. 100.000,-an

4. Kartu Memori SD Card & Adapter
SD Card digunakan sebagai 'memori internal' Raspi yang menyimpan OS yang akan dijalankan. Spesifikasi yang harus dipenuhi adalah Micro SD Card dengan minimal class 6 (rekomendasi gunakan class 10) dan kapasitas 4 GB. Untuk kapasitasnya tergantung OS yang akan dipilih, namun rekomendasi saya adalah 16 GB. Harga pasaran Mikro SD Card class 6 kapasitas 4 GB adalah mulai dari Rp. 50.000,- s/d Rp. 160.000,-an untuk class 10 kapasitas 16 GB.

Adapter Memory Card (dan Memory Card Reader) Digunakan untuk instalasi OS pada SD Card. Bisa saja memindahkan file instalasi OS ke SD Card dengan cara mengkoneksikan komputer via smartphone (SD Card terpasang di smarthphone), namun hanya berlaku untuk OS NOOBS saja (penjelasan lebih rinci akan dibahas pada postingan selanjutnya), dan kawan akan tetap memerlukan Adapter dan Memory Card Reader jika diharuskan melakukan format ulang pada SD Card (tidak bisa di smartphone). Harga Adapter adalah Rp. 5.000,- dan harga MMC Reader bervariasi dari Rp. 5.000,- s/d Rp. 50.000,-

5. Kabel HDMI atau HDMI to VGA Adapter
Digunakan untuk menghubungkan Raspi dengan monitor. Jika kawan ingin menggunakan TV LCD di rumah (yang support input HDMI) hanya perlu kabel HDMI yang harganya Rp. 50.000,-an saja. Namun jika ingin lebih praktis menggunakan monitor komputer (lebih praktis karena bisa menggunakan keyboard dan mouse di meja komputer sekaligus) bisa menggunakan HDMI to VGA Adapter seharga Rp. 100.000,-. Saran saya? Belilah keduanya, karena kabel HDMI bisa digunakan jika kawan ingin menggunakan Raspi untuk menonton film-film hasil download di TV LCD.

6. Mouse dan Keyboard
Gunakan mouse dan keyboard standar berkabel, bukan yang wireless, untuk digunakan saat instalasi OS. Hal tersebut untuk menghindari masalah tak terdeteksinya mouse dan keyboard saat instalasi OS.

7. Casing
Casing berfungsi sebagai pelindung Raspi Board dari sentuhan, debu, dll. Dalam memilih casing, pertimbangkan juga untuk memilih casing yang kuat (tidak rapuh), tertutup rapat namun tidak kedap terhadap sirkulasi udara, dan mudah dilepas untuk membersihkan Raspi Board secara berkala.

8. Heat sink
Heat sink merupakan aksesoris optional, fungsinya untuk mengurangi panas pada bagian processor. Heat sink biasanya terbuat dari tembaga, kuningan atau aluminium dan harga per-biji cukup murah. Untuk menjaga Raspi Board supaya lebih awet, heat sink sangat saya rekomendasikan.

Demikianlah daftar Perangkat Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Menggunakan Raspberry Pi yang harus disiapkan terlebih dahulu. Selamat berkesperimen dengan Raspberry Pi.
Perangkat Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Menggunakan Raspberry Pi Perangkat Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Menggunakan Raspberry Pi Reviewed by Roy Andika on Agustus 26, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.